Hadir pada Buka Puasa Bersama, Andi Harun Ungkap Pentingnya Peran Jurnalis

SAMARINDA – WALI Kota Samarinda Andi Harun menegaskan pentingnya peran jurnalis sebagai penebar kebaikan. Hal ini sampaikannya saat silaturahmi serta buka puasa bersama jurnalis di Musholla Ar-Raudah Balaikota Samarinda, Minggu (31/3/2024).

“Profesi jurnalis memiliki potensi menjadi ladang amal kebaikan atau sebaliknya. Tergantung pada kehati-hatian dan kewaspadaan,” ujarnya.

Wali Kota Andi Harun mendorong para jurnalis untuk meningkatkan sisi positif dalam profesinya. Baik dari segi penulisan maupun prinsip ibadah. Karena menurutnya, ajaran agama Islam mendorong pentingnya tabayun (cek kebenaran informasi) sebelum menyebarkan berita.

“Kontribusi teman-teman media selama ini yang telah ikut berpartisipasi sangat positif, berkontribusi sangat besar terhadap perluasan pemberitaan positif,” ungkapnya.

Andi Harun juga menyampaikan penghargaan kepada peran jurnalis yang telah ikut serta mensosialisasikan kegiatan pembangunan dan juga program.

“Termasuk dalam rangka sosialisasi hasil dan kegiatan pembangunan, dan hasil kegiatan program, day to day atau hari per hari yang dilaksanakan oleh seluruh jajaran pemerintah kota,” bebernya.

Tidak lupa juga atas nama Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda, Andi Harun mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada awak media atas informasi terkini mengenai keadaan atau kondisi yang berkembang di masyarakat yang memerlukan penanganan segera dari pemerintah kota.

“Dengan kontribusi dari teman-teman media, kami terus mendapatkan informasi dari masyarakat yang kami butuh amati, yang kami butuh secara official dapatkan informasinya. Justru Kami kadang-kadang mendapatkan informasi dari media,” ujarnya.

Dia juga mengingatkan bahwa tinta jurnalis memiliki kekuatan untuk mempersatukan atau memecah belah. Sehingga pentingnya menyampaikan berita berdasarkan fakta dan mengasah kekritisan jurnalisme.

“Yang itu memang kami sangat bersyukur karena mendapatkan informasi tentang keadaan di masyarakat dari media itu secara akurat,” pungkasnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com