Pemkab PPU Buat Skema Ketersediaan Bapokting Jelang Idul Fitri 1445 H

PENAJAM – GUNA mempersiapkan ketersediaan dan pengendalian harga barang kebutuhan pokok penting (bapokting) jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) menggelar Rapat Penanganan Inflasi Daerah.

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati PPU, Jalan Provinsi KM 9, Penajam, Senin (1/4/2024) itu dipimpin langsung Penjabat (Pj) PPU Makmur Marbun. Hadir dalam rapat tersebut Assisten Perkonomian dan Pembangunan Sodikin, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten PPU dan kepala perangkat daerah terkait.

Rapat dilaksanakan dengan tujuan untuk konsolidasi dan pemetaan atas kecenderungan peningkatan mobilisasi masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan akan bapokting menjelang dan pada saat perayaan Idul Fitri. Kemudian juga bagi upaya pengendalian stabilitas harga dalam rangka menekan laju inflasi.

“Kita perlu melakukan sinergitas dan kolaborasi dalam upaya konsolidasi dan pemetaan atas ketersediaan bahan pokok masyarakat serta mengendalikan harga agar tidak terjadi lonjakan inflasi menjelang Idul Fitri ini,” kata Makmur Marbun saat memberi arahan rapat.

Berbagai skenario simulasi dan alternatif langkah-langkah strategis dibahas dalam rapat tersebut dalam rangka memudahkan serta menjaga kondusifitas di masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

Makmur Marbun mengatakan bahwa pengamanan ketersediaan bahan kebutuhan pokok adalah fungsi penting pemerintah daerah bersama-sama dengan unsur Forkopimda serta perangkat daerah terkait.

Kemudian, dia melanjutkan, faktor kemudahan dalam distribusi dengan kelancaran konektivitas antar daerah yang baik sangat menentukan stabilitas harga-harga dan menekan lonjakan harga yang biasanya terjadi jelang perayaan hari besar keagamaan.

“Kolaborasi dan sinergitas pemangku kepentingan disini sangat penting,” ujarnya.

Pemerintah daerah, kata Makmur, dengan dukungan stakeholder terkait dalam waktu dekat juga akan melaksanakan pasar murah di setiap kecamatan agar lebih memudahkan dan membantu seluruh masyarakat memenuhi kebutuhan bahan pokoknya.

“Untuk itu, mari bersama-sama jaga kondusifitas daerah jelang momen hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah tahun 2024 dan kita semua dapat merayakannya dengan penuh sukacita dalam suasana damai dan bahagia bersama seluruh keluarga serta kerabat,” tutupnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com