DPTPH Kaltim Gelar Gerakan Pangan Murah Serentak di Samarinda

SAMARINDA – DINAS Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar kegiatan Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang Idul Fitri 2024 melalui Gerakan Pangan Murah Serentak.

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman Museum Samarinda, Jalan Bhayangkara, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda, Senin (01/04/2024) itu, dibuka langsung oleh Kepala DPTPH Kaltim Siti Farisyah Yana.

Dia mengatakan, kegiatan Gerakan Pangan Murah Serentak digelar selama satu hari dengan tujuan menjaga harga kebutuhan pokok yang strategis selama bulan puasa dan menjelang hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Kegiatan ini kata dia, juga digelar oleh instansi lain di tempat berbeda dalam satu rangkaian pengendalian inflansi di Kaltim.

“Dilaksanakan selama sehari dalam rangka menyambut puasa dan lebaran. Tapi bukan hanya dinas kami saja yang melaksanakan, banyak dinas lain yang juga melaksanakan. Jadi ini merupakan rangkaian dalam tindakan pengendalian inflansi,” ujar Yana, sapaan akrabnya.

Yana menjelaskan, dalam gerakan pangan murah serentak ini pihaknya menyediakan kebutuhan pokok yang banyak dibutuhkan masyarakat saat mendekati hari Raya Idul Fitri. Seperti beras, tepung, gula, minyak goreng, telur, buah-buahan, sayuran dan daging.

“Menyiapkan bahan pokok strategis yang permintaannya cukup tinggi dan bebas menampilkan komoditas yang banyak diminta pada saat menjelang lebaran,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Samarinda, Kepala Bank Indonesia perwakilan wilayah Kaltim, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kaltim serta Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) Kaltim, juga undangan lainnya. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com