Jokowi Salurkan Bantuan Kesehatan Rp30 Miliar ke Palestina & Sudan

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan senilai Rupiah (Rp) 30 miliar ke Negara Palestina dan Sudan. Jokowi mengatakan bantuan yang dikirim sesuai dengan permintaan Pemerintah Negara Sudan dan Mesir. Indonesia mengirim bantuan berupa obat-obatan dan alat kesehatan.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, bantuan kemanusiaan Indonesia untuk Mesir dan Sudan hari ini saya nyatakan dilepas,” kata Jokowi di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (03/04/2024). Bantuan itu akan dikawal tim yang dipimpin Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal (Letjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Suharyanto. Bantuan akan disalurkan melalui Negara Mesir dan Sudan.

Jokowi menegaskan Indonesia komitmen menjaga perdamaian dunia dan terlibat aktif dalam visi misi kemanusiaan. Indonesia, kata Jokowi, sangat prihatin atas kejadian di Gaza dan Sudan. “Semoga bantuan ini dapat membantu meringankan saudara kita yang sedang tertimpa musibah di Gaza dan di Sudan,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Pemerintah Negara Indonesia sudah mengirim bantuan beberapa kali ke Negara Palestina. Pada 4 November 2023, Indonesia mengirim bantuan 51,5 ton berisi bahan makanan, peralatan medis, selimut, dan tenda. Pada 20 November 2023, Indonesia kembali mengirim bantuan senilai 31,9 miliar.

Bantuan itu berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan, dan sejumlah keperluan rakyat Palestina. Bantuan dikirim melalui Al Arish, Mesir. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com