Jelang Idul Fitri, Lapas Balikpapan Gelar Apel Siaga Berantas Halinar

BALIKPAPAN – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Balikpapan menggelar apel siaga tiga plus satu kunci pemasyarakatan maju berantas halinar (handphone, pungutan liar dan narkoba) bersama Aparat Penegak Hukum (APH) setempat dalam rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan ke 60 Tahun 2024, Jumat (05/04/2024) di Lapangan Lapas Kelas IIA Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Pujiono Slamet selaku pembina apel langsung memimpin kegiatan apel yang mana apel siaga ini diikuti oleh jajaran pejabat struktural, jajaran pengamanan serta staf pegawai Lapas Balikpapan dan dihadiri juga oleh anggota dari Kepolisian Resor (Polres) Balikpapan, Anggota Komandan Rayon Militer (Koramil) Tentara Nasional Indonesia (TNI) 0509.03 Balikpapan Selatan dan tak ketinggalan juga anggota Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Balikpapan.

Merujuk pada arahan penguatan tugas dan fungsi oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Kaltim Gun gun Gunawan melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan Heri Ashari yang menekankan bahwa Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan harus melaksanakan zero Halinar sebagai bentuk komitmen petugas pemasyarakatan dalam menjalankan tiga kunci pemasyarakatan maju dan back to basic.

Dalam upaya mewujudkan pada tiga kunci pemasyarakatan maju dan back to basics, maka giat apel siaga ini dilaksanakan yang diselaraskan dengan semangat momentum ke-60 hari bakti pemasyarakatan. Adapun Aspek tiga kunci pemasyarakatan maju adalah yaitu dengan melakukan deteksi dini, berperan aktif dalam pemberantasan peredaran narkoba, serta senantiasa membangun sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya.

“Tugas kita harus selalu waspada dan ingat tiga plus satu. Selanjutnya beliau juga menekankan akan pentingnya sinergitas antara APH setempat dalam hal ini yaitu unsur TNI dan POLRI serta BNN. Kami ucapkan terima kasih kepada Jajaran Polres Balikpapan, Koramil Balikpapan Selatan dan BNN Kota Balikpapan atas sinerginya selama ini. Sinergitas ini harus selalu kita tingkatkan sebagai upaya upaya mencegah adanya gangguan kamtib di Lapas Balikpapan ini,” kata Pujiono Slamet dalam arahannya.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan melakukan penggeledahan kamar hunian dalam rangka deteksi dini mencegah gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di Lapas Balikpapan menyambut Hari Raya Idhul Fitri 2024. Kegiatan ini juga dimonitor langsung Kakanwil Kemenkum HAM dan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkum HAM Kaltim. []

Penulis: Irwanto Sianturi | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com