Pastikan Keamanan Mudik Idul Fitri, Pangdam VI/Mlw dan Kapolda Kaltim Patroli di Samarinda

SAMARINDA – GUNA memastikan kelancaran proses pengamanan dan pelayanan kegiatan arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Timur (Kaltim) beserta rombongan melaksanakan Patroli ke Kota Samarinda, Senin (08/04/2024).

Di Samarinda, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Nanang Avianto didampingi Komandan Korem (Danrem) 091/ASN Brigjen TNI Yudhi Prasetiyo meninjau kegiatan arus mudik, mengunjungi Pos Pengamanan Operasi (Pospamops) Ketupat 2024 dan Pos Pelayanan Terpadu serta memberikan bingkisan kepada personil pengamanan lebaran di wilayah Kota Samarinda.

Dalam kegiatan tersebut, Pangdam VI/Mlw dan Kapolda Kaltim beserta rombongan melaksanakan patroli dengan rute Pospam Terminal Samarinda Seberang, Pospam Yan Terpadu depan Kantor Gubernur dan Pospam Terpadu Pelabuhan Yos Soedarso, Samarinda.

Kunjungan ke pos-pos pengamanan Ops Ketupat 2024 itu merupakan bagian dari komitmen dalam menjaga keamanan dan pelayanan kepada masyarakat selama Idul Fitri 1445 H. Di sela kegiatan patroli, Pangdam dan Kapolda Kaltim juga turut memberikan parcel kepada para anggota yang sedang melaksanakan tugas sebagai bentuk apresiasi.

 

Kapolda Kaltim menyampaikan, personil TNI/Polri harus siap untuk menjaga keamanan dan kelancaran para pemudik. Baik perlengkapan Pos Pengamanan, seperti panel data, buku mutasi dan buku kejadian.

“Berikan penjelasan secara detail kepada setiap personil yang akan melaksanakan tugas dan tanggung jawab selama pelaksanaan Operasi Ketupat, terutama bagaimana mengantisipasi ancaman kepada personil yang melaksanakan tugas jaga di Pos Pengamanan. Kemudian bila dimungkinkan rekayasa lalulintas, lakukan rekayasa lalulintas dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Kapolda Kaltim juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik, agar memastikan kesehatannya dalam kondisi prima. Masyarakat juga diimbau untuk memastikan kendaraan dalam kondisi layak digunakan, tidak membawa beban yang berlebihan dan mematuhi peraturan tata tertib berlalu lintas.

Sementara Danrem 091/ASN mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban dan keamanan selama liburan, serta mendukung tugas aparat kepolisian.

“Dengan kerja sama dan kebersamaan,  dapat menciptakan lingkungan yang aman dan damai untuk semua,” ujarnya.

Ada pun rombongan yang ikut dalam kegiatan ini, diantaranya Karoops Polda Kaltim Kombes Pol Dedi Suryadi, Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Rifki, Dandim 0901/Smd Kolonel Inf Yusub Dody Sandra, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Dr. Ary Fadly dan Danyonif 611/AWL Letkol Inf Endra Retno Erwanto. []

Penulis: Irwanto Sianturi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com