Pasien Poli RSUD AWS Berjubel, Ini Kata Pj Gubernur

SAMARINDA – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik meminta kepada manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie (AWS) untuk dapat membuat solusi dalam rangka mengurai panjangnya antrian dan berjubelnya pasien pada layanan poli rawat jalan.

“Buat langkah dan solusi agar jangan sampai pasien berjubel. Jangan sampai yang sakit tambah sakit. Buat agar semua terurai cepat ke poli-poli,” pinta Akmal Malik saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke rumah sakit rujukan terbesar di Provinsi Kaltim itu, Selasa (16/4/2024).

Saat meninjau Loket Pendaftaran pada Instalasi Poli Rawat Jalan, Akmal Malik mendapati antrean yang sangat panjang. Begitu juga di ruang tunggunya, ratusan pasien nampak berjejalan menunggu panggilan untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan dokter.

Melihat hal ini dengan tegas Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI ini meminta kepada manajemen rumah sakit untuk segera mencarikan jalan keluar bagi mengatasi antrian yang panjang dan memakan waktu yang lama ini.

Dia juga menandaskan agar dicari akar dari masalah penumpukan pasien ini sehingga dapat segera terurai. Selanjutnya, Akmal meminta agar dilakukan manajemen waktu yang efektif agar distribusi ke poli-poli bisa dilakukan dengan lebih cepat dan lancar.

Dia berkeyakinan, manajemen RSUD AWS mampu menghadirkan layanan yang prima, profesional dan ramah sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para pasien yang datang untuk mendapatkan penanganan kesehatan dengan standar yang lebih baik lagi.

“Kita cari solusinya agar kita bisa menghadirkan suasana rumah sakit yang baik,” harapnya.

Dia juga menyarankan agar manajemen belajar dari sistem pengelolaan rumah sakit pemerintah di negara Singapura. Di mana rumah sakit di negara tersebut selalu terlihat seolah-olah sepi karena pasien datang mengikuti alur pengaturan dan manajemen waktu yang baik.

“Diatur manajemen waktu yang lebih baik. Jangan kalah dari Singapura. Menurut saya bisa kalau kita mau melakukannya,” pungkasnya.

Turut mendampingi Pj Gubernur dalam sidak tersebut Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kaltim Sri Wahyuni serta kepala perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim. Rombongan diterima oleh Wakil Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD AWS Nurliana Adriati Noor beserta unsur manajemen lainnya.

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com