Buka Rakor BPSDM Provinsi Kaltim, Ini Arahan Pj Gubernur

BALIKPAPAN – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mengingatkan pentingnya sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kaltim di Golden Ballroom 2 Hotel Platinum Balikpapan, Senin (29/4/2024).

“Sumber daya manusia ASN itu sangat penting. Adakah kita sudah memetakan, seberapa kuat kompetensi SDM kita,” ucap Pj Gubernur Akmal Malik dalam sambutannya.

Dia mengatakan, untuk memetakan sumber daya manusia (SDM) ASN, maka penghargaan dan sanksi yang mendidik wajib diberikan kepada ASN. Baginya, ketegasan dalam menjatuhkan sanksi dan pemberian penghargaan yang mendidik harus benar-benar diterapkan kepada ASN sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

Tak kalah pentingnya, adalah pemetaan terhadap kompetensinya. “Langkah-langkah inilah yang akan mendorong kompetensi dan performance terbaik para ASN di Kaltim,” ujarnya.

Karena lanjut Akmal Malik, kompetensi SDM sangat menentukan seberapa besar kontribusi yang dapat diberikan oleh para abdi negara dan abdi masyarakat. Sehingga ASN dapat berkontribusi terhadap pembangunan bangsa, menentukan suksesnya pelaksanaan, serta mewujudkan visi misi pimpinan.

Dia juga sangat mendukung program dalam rangka akselerasi yang digaungkan BPSDM Provinsi Kaltim ini untuk menciptakan ASN yang berkinerja sangat baik. “Tetapi tetap ada remnya (kontrol), agar akselerasi atau kecepatan itu tidak melaju terlalu kencang,”  bebernya.

Akmal juga berharap, rakor yang mengusung tema “Akselerasi Pengembangan SDM Guna Mewujudkan Smart ASN Menuju Indonesia Emas Tahun 2025” tersebut mampu meningkatkan kinerja ASN guna kemajuan Kaltim dan Indonesia. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com