Cetak Sejarah! Timnas U23 Indonesia Kalahkan Australia 1-0

DOHA – Tim Nasional (Timnas) Umur 23 (U23) Indonesia meraih kemenangan perdana pada Piala Asia U23 2024 saat melawan Australia. Hasil ini sekaligus menjadi tiga poin pertama Garuda Muda di Piala Asia U23 mengingat pasukan Shin Tae-yong datang ke turnamen sebagai debutan. Laga Indonesia vs Australia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (18/04/2024) malam Waktu Indonesia Barat (WIB), tuntas dengan skor 1-0.

Gol yang mengantarkan Garuda Muda mendapatkan tiga poin dicetak oleh Komang Teguh pada menit ke-45. Sementara untuk Australia, mereka kembali gagal membawa pulang poin penuh setelah pada laga sebelumnya bermain imbang melawan Yordania.

Indonesia mendapatkan peluang pertama pada menit awal lewat umpan panjang yang disambut Witan Sulaeman di sisi kiri pertahanan Australia. Witan meneruskan si kulit bulat ke Jeam Kelly Sroyer yang tendangannya masih melambung di atas mistar gawang.

Olyroos, julukan timnas U23 Australia, lalu melakukan serangan balik. Namun, tembakan Mohamed Toure melebar. Rafael Struick menemukan ruang tembak pada menit ke-16. Namun, tendangannya masih menyamping. Empat menit kemudian, Lucas Mauragis melakukan tendangan dari luar kotak penalti yang bisa diamankan kiper Ernando Ari.

Pada menit ke-21, wasit Majed Mohammed Alshamrani memantau Video Assistant Referee (VAR) karena Komang Teguh terindikasi melakukan handball. Wasit memutuskan Komang melakukan pelanggaran dan menunjuk titik putih. Mohamed Toure maju sebagai eksekutor, tetapi Ernando sukses menepis bola.

Komang membayar kesalahan itu dengan mencetak gol pada pengujung babak pertama. Gol bermula dari sepak pojok yang disambut sundulan Nathan Tjoe-A-On. Bola lalu jatuh di kepala Komang yang berdiri bebas di dalam kotak penalti dan langsung menceploskan si kulit bulat ke gawang Australia.

Babak pertama Indonesia vs Australia berakhir dengan 1-0 untuk keunggulan Garuda Muda. Australia mengancam pada menit ke-52, tetapi tendangan Toure dari tengah kotak penalti berhasil digagalkan. Giliran Lachlan Brook yang mencoba peruntungan pada menit ke-65. Namun, tembakannya yang juga dilakukan dari tengah kotak menyamping ke sisi kiri gawang.

Indonesia hampir mencetak gol kedua 10 menit kemudian andai Witan mampu lebih cepat mengontrol bola yang bergulir ke dalam kotak penalti. Akan tetapi, kiper Australia Patrick Beach mampu membaca situasi dan langsung mengamankan si kulit bulat.

Australia lalu mendapat kesempatan dari sepak pojok, tetapi bola dengan mudah ditangkap Ernando Ari. Enam menit menjelang waktu normal berakhir, Jordan Courtney-Perkins nyaris membuat gol untuk Australia andai sundulannya tak meleset.

Australia terus memberikan tekanan dan lagi-lagi hampir menjebol gawang Indonesia. Namun, Ernando sigap menepis tendangan Brook. Skor 1-0 bertahan hingga peluit panjang berakhir dan Indonesia sukses meraih kemenangan perdana di Piala Asia U23 2024.

Susunan pemain timnas U23 Indonesia vs Australia

Indonesia (3-4-3): 21-Ernando Ari Sutaryadi, 5-Rizky Ridho, 4-Komang Teguh Trisnanda (15-Ikhsan Nul Zikrak 83′), 3-Muhammad Ferarri, 14-Fajar Fathur (2-Rio Fahmi 77′), 8-Witan Sulaeman, 23-Nathan Tjoe-A-On, 12-Pratama Arhan, 19-Jeam Kelly Sroyer (10-Justin Hubner 72′), 11-Rafael Struick, 7-Marselino Ferdinan.

Australia (4-4-2): 12-Patrick Beach, 3-Alexander Popovic, 4-Jordan Courtney-Perkins, 17-Jacob Italiano, 23-Lucas Mauragis, 6-Ryan Teague, 8-Keegan Jelacic (16-Jordi Valadon 60′), 10-Jake Hollman (22-Garang Kuol 75′), 21-Adrian Segecic (7-Lachlan Brook 60′), 11-Nishan Velupillay (14-Nicolas Milanovic 75′), 19-Mohamed Toure. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com