PAN Samarinda Buka Penjaringan Calon Wali Kota

SAMARINDA– DEWAN Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Samarinda akan membuka pendaftaran penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Pendaftaran yang dibuka untuk tokoh maupun masyarakat umum itu dimulai pada 01 sampai 15 Mei 2024 dan tidak dipungut biaya. Dengan demikian, pendaftaran calon Wali Kota dan calon Wakil Wali Kota Samarinda di PAN akan terbuka secara gratis bagi seluruh masyarakat.

“Ini terbuka bagi siapapun yang ingin membangun Samarinda lebih baik lagi ke depannya. Jadi nanti akan dimulai tanggal 1 sampai 15 Mei, itu termasuk tanggal pengambilan formulir dan pengembalian berkas formulir pendaftaran,” ungkap Ketua DPD PAN Samarinda Jasno, kepada awak media di Samarinda, Selasa (30/04/2024).

Dia melanjutkan, berdasarkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) kemarin, PAN hanya mendapatkan empat kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda. Karena itu, PAN perlu berkoalisi dengan beberapa partai lainnya. Sebab, partai yang bisa mengusung pasangan dalam Pilkada Tahun 2024 harus memiliki sembilan kursi di DPRD Samarinda.

“PAN ada empat kursi di DPRD Samarinda dan untuk mengusung pasangan, kami memerlukan lima kursi. Jadi kami perlu berkoalisi dengan partai yang lain. Tentunya kami masih membuka diri untuk berkoalisi sehingga dapat memenuhi kuota sembilan kursi sehingga bisa mengusung pasangan di pilkada 2024,” terangnya.

Dalam kesempatan itu Jasno berharap, ada kader PAN yang mengambil formulir dan mendaftar menjadi kontestan dalam penjaringan calon wali kota dan calon wakil wali kota.

Dia juga berharap, dari hasil penjaringan ada tokoh yang memiliki keinginan dan potensi untuk memimpin Samarinda melalui PAN dan berhasil menjadi wali kota di ibu kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Kami berharap, mudah-mudahan dapat mengusung kader, baik sebagai wali kota atau wakil wali kota. Semoga, penjaringan ini akan memunculkan tokoh yang kami usung dan bisa memenangkan Pilkada 2024 ini,” tutup Jasno. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com