Nathan Tjoe-A-On Angkat Kaki dari Timnas U23 Indonesia Setelah Sukses ke 8 Besar

DOHA– Nathan Tjoe-A-On ikut membantu Tim nasional (Timnas) U23 Indonesia lolos ke 8 besar Piala Asia Umur (U)23 2024. Kini, Nathan harus kembali ke klubnya, SC Heerenveen. Karena itu, Nathan akan absen membela timnas U23 Indonesia pada laga perempat final Piala Asia U23 2024.

Nathan Tjoe-A-On mentas dengan apik kala memperkuat timnas Indonesia dalam pertandingan fase Grup A Piala Asia U23 2024, terutama saat melawan Australia (1-0) dan Yordania (4-1). Pemain yang berposisi natural sebagai bek sayap kiri itu kerap dimainkan sang pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sebagai gelandang.

Kehadiran Nathan di skuad Indonesia baru dipastikan oleh Ketua Umum Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, satu hari menjelang laga pertama Grup A Piala Asia U23 2024. Nathan pun baru tiba di Doha pada Senin (15/02/2024), hari di mana skuad Garuda Muda besutan Shin Tae-yong menjalani laga pertama melawan Qatar. Ia langsung main sebagai pengganti.

Kini, usai mengantar timnas U23 Indonesia lolos ke perempat final Piala Asia U23 2024, Nathan diberitakan harus kembali ke Belanda bersama klubnya, SC Heerenveen. Kabarnya, Heerenven dan PSSI sebelumnya telah sepakat untuk mengizinkan Nathan memperkuat timnas U23 Indonesia sampai lolos ke perempat final.

Alhasil, usai timnas U23 Indonesia mencapai target menembus 8 besar alias perempat final Piala Asia U23 2024 usai membekuk Yordania 4-1, Minggu (21/04/2024), Nathan harus pulang ke Heerenveen. “Memang kemarin kita melobi kepada klubnya Nathan, awalnya mereka sangat berat untuk melepas Nathan,” tutur Exco PSSI, Arya Sinulingga, dalam rekaman suara yang diterima wartawan.

“Pak Ketua (Erick Thohir) meminta untuk minimal sampai lolos 8 besar. Jadi Pak Ketua ini usaha betul supaya Nathan bisa main mencapai target yang telah ditetapkan ke Shin Tae-yong (STY),” kata Arya terkait perjanjian Heerenveen dan PSSI soal Nathan.

“Awalnya mereka tidak mau melepas Nathan, karena (Piala Asia U23 2024) bukan agenda FIFA, tapi akhirnya dilepas ketika kita minta sampai 8 besar atau lolos grup,” ucap Arya Sinulingga menjelaskan.

Dengan demikian, Nathan Tjoe-A-On yang kini berstatus pemain pinjaman Heerenveen dari Swansea, bakal absen dalam laga perempat final Piala Asia U23 2024 pada 25 April mendatang. “Sekarang sudah lolos grup dan memang itu yang kemarin kita lobi ke sana,” tutur Arya menjelaskan.

Nantinya, pada babak perempat final alias 8 besar Piala Asia U23 2024, timnas U23 Indonesia akan bersua dengan juara Grup B. Adapun status sebagai juara Grup B Piala Asia U23 2024 masih akan diperebutkan dalam laga Jepang vs Korea Selatan pada Senin (22/04/2024) ini. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com