Norbaiti Zarta: Bangga Sambutan Jadi Penyelenggara GSRAN

SAMARINDA – KECAMATAN Sambutan terpilih mewakili Kota Samarinda sebagai lokasi pelaksanaan zoom meeting peluncuran Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional (GSRAN). Program besutan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional  (ATR/BPN) ini serentak diluncurkan di seluruh Indonesia, pada Senin (22/04/2024).

Usai zoom meeting peluncuran GSRAN di Aula Kelurahan Sambutan, Jalan Sultan Sulaiman, kelurahan Sambutan, Samarinda, Camat Sambutan Norbaiti Zarta mengungkapkan, pihaknya merasa senang dan bangga karena Kecamatan Sambutan terpilih mewakili Kota Samarinda untuk peluncuran GSRAN.

“Kami bangga, Kecamatan Sambutan dijadikan fokus dalam program dari Kementerian ATR/BPN,” ujarnya kepada awak media.

Dia mengatakan, program GSRAN dapat membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam segi kepastian hukum dan permodalan. “Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional ini membantu UMKM kita untuk mendapatkan kekuatan hukum,” kata Norbaiti.

 

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut dirangkai dengan penyerahan Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada para pelaku UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Sambutan. Dia berharap, dengan adanya NIB akan membantu dan meningkatkan pemasaran usaha para pelaku UMKM.

“Dengan NIB artinya mereka sudah punya peluang besar untuk menjual produk mereka. Jadi tidak hanya menjual dari tetangga ke tetangga dan warung ke warung saja, tetapi mereka punya pangsa pasar yang lebih luas. Apalagi kalau punya bungkus kemasan yang bagus, nanti harganya lebih meningkat dari harga pasarnya. Selain itu, dengan adanya NIB mereka mendapatkan pinjaman dan segala macam itu menjadi mudah,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut dia berharap, dengan kegiatan GSRAN kesejahteraan para pelaku UMKM di Kecamatan Sambutan dapat meningkat dan bantuan pelatihan untuk UMKM terus dapat dilakukan secara merata.

“Mudah- mudahan program ini dapat membuat meningkatkan kesejahteraan masyarakat kami, khususnya pelaku UMKM dan disambut baik oleh Dinas PKUKM Samarinda. Jadi kalau ada pelatihan nanti, data kami sudah terback up dan dapat membantu pengembangan usahanya. Jadi saya mengucapkan terima kasih sudah memilih Kecamatan Sambutan,” tutup Norbaiti. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com