Expo Malinau 2024 Memukau dengan Keragaman Hasil Olahan Industri

MALINAU – Sejumlah desa di Malinau, Kalimantan Utara (Kaltara) menampilkan keanekaragaman produk akhir dan hasil olahan Industri rumah tangga di Expo Desa Malinau 2024. Expo Desa Malinau 2024 digelar dalam rangka 3 tahun kepemimpinan kepala daerah, Wempi dan Jakaria. Beberapa komoditas unggulan yang dipamerkan di Expo Desa Malinau 2024 ini berkaitan dengan potensi dan Industri unggulan masing-masing desa.

Bupati Malinau, Wempi W Mawa mengatakan selain sebagai rangkaian peringatan 3 tahun kepemimpinannya, ekspo tersebut juga menunjukkan diversifikasi hasil olahan di tiap desa. “Expo Desa Malinau 2024 menampilkan potensi dari setiap desa. Expo ini merupakan rangkaian peringatan kurang lebih 3 tahun kepemimpinan kami sebagai Bupati dan Wakil Bupati,” ujarnya, Kamis (25/04/2024).

Expo Desa Malinau 2024 menampilkan komoditas potensial yang dikembangkan tiap-tiap desa sebagai wilayah penghasil. Di ibu kota Kabupaten misalkan, Desa Malinau Hilir yang dikenal sebagai wilayah budidaya buah-buahan menampilkan produk olahan hasil industri rumahan. Termasuk inovasi pada bidang pertanian, sistem budidaya hingga produk akhir yang siap dipasarkan. “Selain hasil tani, daerah kami juga banyak produk olahan industri rumah tangga yang diolah untuk meningkatkan nilai ekonomi komoditas,” ungkap Suwardi, Kepala Desa (Kades) Malinau Hilir.

Beberapa daerah juga dikenal sebagai produksi hasil kerajinan. Seperti daerah Malinau bagian selatan serta sentra pemasaran di Desa Pelita Kanaan. Serta daerah dengan produk akhir pada bidang industri perikanan, di Malinau Seberang, Kecamatan Malinau Utara. Melalui kegiatan ini potensi desa 2024 ditujukan untuk menunjukkan diversifikasi produk dan industri yang beragam dan layak dikembangkan pada masa mendatang. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com