Antusiasme Rendah: Belum Ada Calon Kepala Daerah di PAN Kalteng

PALANGKA RAYA – Mendekati pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kalimantan Tengah (Kalteng) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kalteng membuka pendaftaran calon kepala daerah. Namun hingga hari ke empat pendaftaran dibuka belum ada calon kepala daerah yang mendaftar di DPD PAN Kalteng.

Menghadapi Pilkada serentak yang akan digelar November 2024 mendatang DPW PAN Kalteng telah membuka pendaftaran calon kepala daerah di Kalteng. Pendaftaran tersebut secara resmi dibuka sejak 22 April 2024 hingga 31 Mei 2024. Namun hingga hari ke empat tepatnya pada, kemarin, Kamis (25/04/2024) masih belum ada yang mendaftar.

Ketua DPW PAN Kalteng Ahmad Diran melalui sekretaris Arif Norkim membeberkan pendaftaran tersebut terbuka untuk semua pihak. “Baik dari internal partai, politisi, maupun tokoh masyarakat,” ungkapnya. Sejumlah kader PAN diprediksi akan maju untuk mengikuti kontestasi dalam pesta demokrasi Pilkada 2024 nanti. Satu di antara kader PAN yang diisukan untuk maju sebagai calon kepala daerah adalah Tuslam Amirudin ketua DPD PAN Kobar dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kobar periode 2019-2024.

Tuslam membenarkan telah menerima restu dari Ketua DPW PAN dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW PAN Kalteng, Muhammad Syauqie. “Sebagai kader PAN dan ketua DPD dalam waktu dekat saya juga akan mendaftar,” ucap Tuslam.

Lanjutnya, Tuslam menuturkan sebagai Ketua DPW PAN dan tokoh masyarakat Kalteng, Ahmad Diran tentu memiliki peta politik dan alasan ketika memberikan restu untuk kader PAN maju sebagai calon kepala daerah. Dirinya mengatakan sudah siap untuk mendaftar sebagai calon kepala daerah dari partai bergambar matahari ini. Tuslam diisukan akan menjadi pasangan petahana dan politisi partai Golkar Nur Hidayah sebagai Wakil Bupati Kobar.

Menanggapi isu tersebut Tuslam mengatakan terbuka jika partai Golkar ingin membentuk koalisi dengan PAN. “Kalau peta politik partai Golkar mengarah ke rencana itu (Koalisi, Red) saya siap,” jelas Tuslam. Isu tersebut masih belum bisa dipastikan sampai diumumkan secara resmi dan masih mungkin berubah. “Yang pasti saya siap untuk maju di Pilkada 2024 dan membangun Kobar,” tukas Tuslam. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com