Akmal Malik Ingatkan Para Calhaj Agar Jadi Konsumen Cerdas

BALIKPAPAN – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mengingatkan kepada para Calon Jemaah Haji (Calhaj) agar bijak dan jadi konsumen yang cerdas dalam berbelanja selama menjalankan ibadah haji.

“Pemerintah Provinsi Kaltim selalu mengingatkan para jemaah Calhaj agar memahami hak-hak sebagai konsumen,” kata Pj Gubernur Akmal Malik saat memberikan arahan dalam acara Edukasi Konsumen Cerdas bagi Calhaj Kaltim Tahun 2024 di Embarkasi Haji Balikpapan, Senin (29/4/2024).

Acara yang digagas Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kaltim bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim itu mengangkat tema Konsumen Kritis, Cerdas Bertransaksi.

“Kami ingin memberikan bekal sedikit kepada para jemaah Calhaj sebagai konsumen, baik saat masih di Kaltim, hingga Madinah dan Mekkah,” jelasnya.

Pemahaman sebagai konsumen cerdas, lanjut Akmal, sangat penting, agar uang yang banyak hasil menabung sedikit demi sedikit itu dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam memenuhi kebutuhan selama melaksanakan ibadah haji.

“Uang yang terkumpul rejeki dari Allah dapat dimanfaatkan dan memudahkan ibu bapak semua. Maka jadilah konsumen yang cerdas,” pesannya.

 

Tampak hadir Sekretaris Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Kepala Kanwil Kementerian Agama Kaltim Abdul Khaliq, Kepala UPT Asrama Haji Batakan serta pejabat Kementerian Agama dari kabupaten kota se Kaltim. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com