Sambut Hardiknas 2024, Disdikbud Kukar Adakan Lomba Gerak Jalan

TENGGARONG – MERIAHKAN Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2024, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menyelenggarakan sejumlah kegiatan bergengsi.

Kegiatan yang dilakukan oleh Disdikbud Kukar adalah Lomba Gerak Jalan Pelajar Idaman dan Ranking 1. Kedua kegiatan ini diselenggarakan pada waktu yang sama namun bertempat pada lokasi yang berbeda.

Lomba Gerak Jalan Pelajar Idaman dilaksanakan di Jalan Monumen Timur, tepat di depan Kedaton Kutai Kartanegara. Sedangkan lomba Ranking 1 dilaksanakan di Kantor Disdikbud Kukar, Senin (29/04/2024) pagi.

Kepala Bidang (Kabid) Kurikulum Pengembangan Bahasa dan Sastra Perizinan Pendidikan, Pendidik, dan Tenaga Pendidik Disdikbud Kukar Joko Sampurno menjelaskan, tujuan dari diadakannya Lomba Gerak Jalan ini adalah sebagai rangkaian untuk memperingati Hardiknas pada 2 Mei 2024.

“Lomba ini paling tidak meningkatkan kegiatan baris berbaris, baik dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK, maupun guru dan tenaga kependidikannya. Selain itu, kami berharap, momen ini juga digunakan untuk mengenang Kembali tokoh pendidikan yakni KH.Dewantara,” jelasnya pada awak media usai melepaskan regu terakhir yang mengikuti perlombaan ini.

Joko menyebutkan, kegiatan yang berlangsung satu hari ini diikuti 216 regu. Terbagi atas regu SD, SMP, SMA/SMK, serta guru dan tenaga kependidikan. Angka peserta ini dinilai meningkat daripada penyelenggaraan dari tahun sebelumnya yang hanya diikuti 150 regu.

Beberapa aspek yang dinilai dalam Lomba Gerak Jalan Pelajar Idaman meliputi unsur kekompakan tim, keutuhan, dan variasi yang ditampilkan selama lomba berlangsung.

Adapun rute lomba gerak jalan dimulai dari depan Monumen Pancasila Tenggarong menuju jalan Jalan KH. Dewantara – Jalan Mawar – Jalan Gunung Pendidik – Jalan Diponegoro- Jalan Cut Nyak Dien – Jalan Ahmad Yani – Jalan Danau Aji – Jalan Danau Semayang – Jalan Kartini dan berakhir pada titik awal yang sama, yakni Kedaton Kukar.

Ditanya soal harapannya dalam memperingati Hardiknas 2024, Joko menjawab agar Kurikulum Merdeka agar bisa dilaksanakan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.

“Dengan tema “Merdeka Belajar, Lanjutkan!”, jadi merdeka belajar sebagai salah satu kurikulum kelanjutan kurikulum sebelumnya tapi harus dilaksanakan ke depannya. Kemudian yang kedua berkenaan dengan salah satu program Kukar Idaman, yaitu untuk mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan berbudaya, dan semua itu bisa dilakukan dengan lomba-lomba ini,” tutupnya. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com