HUT Satpol-PP, Sekda PPU Pimpin Pemusnahan Puluhan Botol Miras

PENAJAM  – PULUHAN botol minuman keras (miras) berbagai merek dimusnahkan disela-sela upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) ke-74 dan HUT ke-62 Satuan Pelindungan Masyarakat (Linmas) tingkat Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Tahun 2024, Selasa (30/4/2024) pagi.

Pemusnahan barang bukti hasil tangkapan Satpol-PP Kabupaten PPU ini dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten PPU Tohar didampingi jajaran unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) PPU, para pejabat asisten, Kepala Satpol-PP PPU dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya saat memimpin upacara Tohar mengatakan, Satpol-PP memiliki peran besar dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat serta menegakan Peraturan Daerah (Perda).

Hal ini kata dia, memberi makna bahwa Satpol-PP sebagai perangkat di daerah mempunyai andil besar dalam menciptakan situasi dan kondisi yang tenteram, tertib dan teratur sesuai dengan kewenangannya dalam penegakkan peraturan daerah dan peraturan kepala daerah.

Peran strategis Satpol-PP dalam menciptakan situasi yang kondusif sambung Tohar, telah dibuktikan pada saat pelaksanaan tahapan pemilihan presiden dan wakil presiden serta pemilihan legislatif yang telah dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu.

Satpol-PP menjadi salah satu faktor penting dalam mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemilu melalui penertiban Alat Peraga Kampanye (APK), distribusi logistik dan hal teknis pendukung lainnya.

“Melalui momentum rangkaian perayaan hari jadi Satpol-PP dan Satlinmas tahun ini, saya berharap kualitas pelaksanaan tugas sebagai abdi negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah dapat terus ditingkatkan dengan semangat, kompetensi dan profesionalitas yang semakin mumpuni guna menunjang tugas pokok serta fungsi operasional di lapangan,” kata Tohar.

 

Dalam kesempatan ini Tohar juga berharap Satpol-PP dan Satlinmas dapat bekerjasama dan bersinergi dengan TNI dan Polri untuk turut serta menjaga stabilitas keamanan.

“Saya juga menekankan kepada seluruh jajaran Satpol-PP dan Satlinmas di kabupaten PPU agar selalu bersikap proaktif mencermati kondisi dan dinamika di wilayahnya, demi menjaga stabilitas dan keamanan dengan mengedepankan humanisme dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” ucapnya.

Peringatan HUT Satpol-PP dan Satlinmas Tahun 2024 ini, tambah dia hendaknya dijadikan sebagai refleksi untuk bersikap semakin tegas. Namun tetap humanis, proaktif dalam mencermati kondisi dan dinamika di wilayah masing-masing dalam rangka menjaga stabilitas ketertiban umum.

Tohar yakin, pengalaman Pilkada tahun sebelumnya serta Pemilu pada tahun ini akan menjadi landasan yang kuat bagi Satpol-PP dan Satlinmas dalam menjalankan tugas-tugas secara efektif dan professional.

“Dengan memanfaatkan pengalaman tersebut diharapkan Sat Pol PP dan Satlinmas dapat lebih siap dan tanggap menghadapi tantangan yang mungkin timbul selama masa kampanye dan pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan datang,” tutupnya.

Dalam acara ini, jajaran Satpol-PP kabupaten PPU juga menggelar sejumlah atraksi bela diri sebagai bukti bahwa satuan ini memiliki perlindungan diri dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di kabupaten PPU. Kegiatan ini juga dirangkai dengan pemotongan tumpeng dan penyerahan sejumlah penghargaan kepada satuan ini. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com