Pemkab PPU Raih Opini WTP dari BPK Kaltim

SAMARINDA – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang didasarkan pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Penghargaan tersebut diberikan pada agenda penyerahan laporan hasil pemeriksaan atas Laporan Kerja Perangkat Daerah (LKPD) kabupaten/kota tahun anggaran 2023 yang dihadiri oleh bupati dan wali kota se-Kaltim di Ruang Auditorium Nusantara, Kantor BPK Kaltim, di Samarinda, Jum’at (3/5/2024).

Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun usai menerima laporan hasil pemeriksaan ini menyampaikan rasa syukur atas usaha dan kerja keras bersama seluruh jajaran. Hal ini menjadi bukti kabupaten PPU berhasil meraih opini WTP dan mampu bangkit dari keadaan sebelumnya serta sejajar dengan kabupaten/kota di Kaltim.

“Hari ini Kabupaten PPU berhasil meraih predikat WTP, tentunya ini suatu capaian yang tidak mudah. Namun atas kerja keras kita untuk membenahi segala kekurangan. Kita mampu bangkit, berhasil mensejajarakan Kabupaten PPU tidak kalah dengan kabupaten/kota lainnya di Kaltim,” ucap Marbun.

Lebih lanjut Marbun menjelaskan, proses pelaporan Kabupaten PPU memang menjadi salah satu konsen kinerjanya, karena inilah tolak ukur kinerja pemerintah daerah yang menentukan proses pelaksanaan pemerintah berjalan baik atau tidak.

“Keberhasilan ini tentunya dari usaha dan kerja keras bersama seluruh pihak di jajaran pemerintah daerah. Selaku Penjabat Bupati, memang saya sedikit menekankan seluruh jajaran untuk bekerja dengan keras, disiplin, melakukan segala dengan sebaik mungkin karena ini salah satu kinerja pemerintah daerah yang dinilai langsung oleh BPK,” tegasnya.

Ia juga meminta kepada seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab PPU untuk terus mempertahankan keberhasilan saat ini. Tidak saja pada keberhasilan dalam pelaporan daerah, tetapi juga dalam kinerja seluruh perangkat daerah untuk betul-betul melaksanakan tugas dan kewajiban dengan sebaik mungkin sebagai pelayan masyarakat yang transparan dan good goverment

“Sekali lagi ini bukti kita telah bekerja dengan bersungguh-sungguh dan menjadi kado terindah bagi masyarakat Kabupaten PPU dengan membuktikan bahwa kita mampu dan tidak kalah dengan kabupaten/kota lainnya di Kaltim. Man Jadda Wajada, siapa yg bersungguh-sungguh, pasti akan berhasil,” pungkasnya.

 

Sementara, Kepala BPK Kaltim, Agus Priyono dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada kinerja seluruh kepala daerah di Kaltim dalam pelaporan hasil pemeriksaan yang dilakukan sebagai kewajiban pemerintah daerah baik Kabupaten maupun Kota.

Tentunya tidak hanya berpedoman pada hasil yang telah diraih dalam opini WTP, tetapi juga harus ditingkatkan dalam kinerja seluruh kepala daerah dan jajaran dalam menjalankan tugas dan pelayanan sebagai pemerintah daerah kepada masyarakat.

“Selamat kepada seluruh kepala daerah atas pelaporan hasil pemeriksaan, tak terkecuali kepada Pemerintah Kabupaten PPU yang hari ini betul-betul melakukan perubahan yang drastis dan kembali meraih predikat WTP, ” tutupnya. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Subur Priono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com