Pj Gubernur Kaltim Ajak Kontingen Latsitardanus Bersinergi Bangun Bangsa

BALIKPAPAN – PROVINSI Kalimantan Timur (Kaltim) mendapat kesempatan menjadi lokasi Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIV/2024.

Kedatangan Taruna Akademi Tentara Nasional Indonesia (Akademi TNI), Taruna Akademi Kepolisian (Akpol), Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Kadet Universitas Pertahanan (Unhan) dan Mahasiswa Politeknik Siber dan Sandi Negara disambut langsung Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dalam Upacara Penyambutan yang dilaksanakan di Dermaga Pelabuhan Semayang Balikpapan, Jum’at (3/5/2024).

“Kami di Kaltim dengan bangga menyambut seluruh kontingen Latsitardanus. Ini adalah media penting untuk mengajarkan generasi  kita untuk bersatu. Bagaimana bersinergi demi bangsa dan tanah air,” sambut Akmal Malik.

Lebih strategis lagi kata dia, karena Latsitardanus kali ini dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan daerah-daerah penyangga.

“Sepuluh, dua puluh tahun ke depan mereka akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa. Semoga semangat IKN, keadilan bagi seluruh Indonesia bisa mereka pahami dengan baik,” jelasnya.

Kuncinya sambung Akmal Malik, adalah sinergi antar matra yang tergabung dalam kontingen Latsitardanus ini dan semua komponen bangsa. Momentum ini akan membuat mereka menjadi terbiasa dalam kekompakan, kerjasama dan sinergi.

 

Lebih jauh diuraikan Pj Gubernur, keberagaman di Kaltim sangat memesona, pun sumber daya alamnya sangat berlimpah.

“Kaltim dipercaya oleh Presiden menjadi IKN, karena masyarakatnya bisa menjaga kerukunan di tengah keberagaman. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Saya alumni Latsitarda 1993 di Kalimantan Timur. Makanya saya menyatu dengan Pangdam dan Kapolda. Ini bentuk kolaborasi. Memang tidak bisa ujug-ujug (tiba-tiba), melalui proses,” bebernya.

“Kalimantan Timur adalah provinsi hebat. Semoga kalian semua juga bisa menjadi orang-orang hebat di masa depan,” tutup Akmal Malik yang juga adalah Purna Praja STPDN/IPDN Angkatan 02 itu.

Para peserta Latsitardanus berjumlah 1300 orang ini tiba di Bumi Etam dengan menggunakan Armada Kapal TNI Angkatan Laut yaitu KRI Makassar-590, KRI Banda Aceh-593 dan KRI-Banjarmasin-592. Dan akan melakukan Latihan Integrasi di empat daerah yaitu Kutai Kertanegara, Paser, Penajam Paser Utara dan Balikpapan.

Hadir dalam upacara penyambutan Pangdam VI Mulawarman Tri Budi Utomo, Kapolda Kaltim Nanang Avianto dan Ketua DPRD Kaltim Hasanuddim Mas’ud. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com