Pj. Bupati PPU Siap Fasilitasi Peserta Latsitardanus 2024 Selama di Benuo Taka

PENAJAM – PENJABAT (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun menyampaikan kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU menjadi salah satu wilayah Latihan Intergrasi dan Kemitraan Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) Tahun 2004 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Perihal ini dikatakan Makmur Marbun saat menghadiri upacara penyambutan taruna Akademi TNI, Akpol, Praja IPDN, PSSN dan Kadet Unhan pada Latsitardanus XLIV 2024 di Provinsi Kaltim. Upacara digelar di Pelabuhan Semayang Balikpapan, dipimpin langsung oleh Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik, Jumat (3/5/2024) pagi.

“Terkait kegiatan ini, Pemkab PPU jauh-jauh hari telah melakukan persiapan. Kami bersama jajaran Forkopimda Kabupaten PPU tentunya telah menyiapkan segala sesuatunya yang dibutuhkan dalam kegiatan ini. Jadi kalau ditanya kesiapannya, kami di PPU sudah sangat siap,” kata Makmur Marbun.

Dia menambahkan, tekait kesiapan ini dirinya juga telah memerintahkan kepada seluruh instansi terkait di Kabupaten PPU untuk keterlibatannya dalam kegiatan dimaksud.

“Salah satunya untuk pelayanan kesehatan misalnya, kami telah menyiapkan RSUD dan sejumlah puskesmas di daerah dengan fasilitas penunjang di dalamnya. Mulai ambulans dan tenaga medis di sana. Begitu juga kebutuhan dalam bidang lainnya, juga kami siapkan sesuai kemampuan kami,” ujarnya.

Sementara itu Pj. Gubernur Kaltim Akmal Malik saat memimpin upacara menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh Taruna dan Taruni yang mengikuti kegiatan Latsitardanus ini.

“Untuk seluruh Taruna dan Taruni, manfaatkan momen baik ini guna dapat menimba ilmu dan mendapatkan pengalaman yang sebaik-baiknya untuk bekal dikemudian hari,” ucap Akmal Malik.

Dalam upacara ini meski diguyur hujan pada pagi hari tadi, namun semangat Taruna dan Taruni tak kendur untuk mengikuti kegiatan perdana di Provinsi Kaltim ini.

“Saya berpesan agar tetap jaga soliditas dan sinergitas untuk kemajuan negara, selamat berlatih di Provinsi Kalimantan Timur karena ada mitos di sini bahwa setelah meminum air Mahakam, suatu saat kalian akan balik lagi ke sini. Maka dari itu jaga baik nama diri dan akademi kalian di Bumi Etam Kalimantan Timur,” tutup Gubernur Kaltim.

Hadir dalam kegiatan ini seluruh Forkopimda Provinsi Kalimantan Timur di antaranya Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan Kapolda Kaltim, Nanang Avianto.

 

Seperti diketahui, Latsitardanus merupakan kegiatan rutin yang diikuti taruna akademi tingkat akhir sebelum akhirnya mereka dinyatakan lulus dan dilantik sebagai perwira TNI dan Polri oleh Presiden RI.

Kegiatan latihan ini akan dimulai pada 5 Mei – 6 Juni 2024 mendatang di lima kabupaten/kota di Kaltim yaitu Balikpapan, Samarinda, Kutai Kartanegara (Kukar), PPU, dan Paser. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Subur Priono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com