Tahapan Pilwali Diluncurkan, Ini Tiga Pesan Wali Kota Samarinda

SAMARINDA – WALI Kota Samarinda Andi Harun menghadiri acara Peluncuran Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) di Gelanggang Olah Raga Segiri Jalan Kusuma Bangsa Samarinda, Sabtu (4/5/2024).

Dalam kesempatan memberikan sambutan, Wali Kota Andi Harun menyampaikan pesan-pesan kepada seluruh elemen terkait dan juga masyarakat Kota Samarinda. Dengan harapannya agar pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) tahun 2024 dapat berjalan dengan lancar, aman, tertib, sukses dan berbahagia berdasarkan kepada kepatuhan terhadap norma aturan serta kepatutan dalam rangka memperoleh pemimpin pilihan masyarakat.

“Setidaknya ada tiga pesan yang ingin kami sampaikan malam ini. Pertama, bahwa pemilu itu adalah pilihan, cara berdemokrasi kita dalam memilih pemimpin, baik di tingkat nasional maupun daerah. Dan karena ini adalah cara pilihan dalam berdemokrasi maka pemilu November 2024 harus dipastikan menjadi pemilukada yang berkualitas, dilaksanakan secara jujur dan adil serta melaksanakan pemilukada dengan melibatkan partisipasi masyarakat yang luas,” papar Andi Harun.

Selanjutnya, pesannya yang kedua adalah pemilu, termasuk pemilukada November 2024, dengan seluruh tahapannya, prosesnya, harus dilakukan dengan suasana kegembiraan dan hindarkan ketegangan. Karena pemilu itu kata dia, sejatinya momentum untuk mengekspresikan kegembiraan dari masyarakat dalam rangka memilih pemimpin yang mereka yakini mampu membawa masa depan Kota Samarinda dan Kaltim (Kalimantan Timur) yang lebih baik menuju Indonesia Emas 2045.

“Pesan yang ketiga, seluruh tahapan pemilukada itu di atas dan berlandaskan atas peraturan perundang-undangan, sehingga pemilu dan pemilukada menjadi pesan bagi penyelenggara juga, bagi pemerintah untuk tidak melewatkan satupun ketentuan perundang-undangan agar faktor hukum, faktor ketaatan dan kepatuhan kita pada semua peraturan hukum yang mendasari pelaksanaan pemilukada dipastikan harus berjalan dengan sesuai yang semestinya,” pungkas Andi Harun.

 

Peluncuran Tahapan Pilwali Kota Samarinda Tahun 2024 ini dimeriahkan oleh artis nasional Charly ST 12 dan Wulan KDI yang penampilannya juga menjadi pusat perhatian masyarakat.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Samarinda Firman Hidayat menyampaikan bahwa tahapan Pilwali sudah mulai. Pemungutan suara akan dilaksanakan pada Rabu 27 November 2024.

Hadir pula dalam moment itu unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Samarinda, unsur partai politik se Kota Samarinda dan unsur perangkat daerah Kota Samarinda. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com