Laila Terima Kunker Anggota Bapemperda DPRD Bontang

PARLEMENTARIA SAMARINDA – DEWAN Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Bontang.

Kedatangan rombongan DPRD Kota Bontang itu disambut Wakil Ketua Bapemperda DPRD Kota Samarinda Laila Fatihah, di ruang rapat gabungan Kantor DPRD Samarinda, Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Senin (06/05/2024).

Kedatangan rekan sejawat dari kota tetangga itu dalam rangka ingin mengetahui tata cara dan prosedur pengharmonisasian pembuatan dan pemantapan konsepsi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) di DPRD Samarinda.

“Kedatangan rombongan Bapemperda DPRD Bontang itu dalam rangka membahas tahapan untuk pengajuan harmonisasi penyusunan raperda,” jelas Laila kepada awak media.

Dia mengungkapkan, sebenarnya tidak ada perbedaan dalam tahapannya antara DPRD Bontang dan DPRD Samarinda. Yakni sudah ada persetujuan dari Ketua DPRD, kemudian surat dari Sekretaris Dewan (Sekwan) yang ditujukan kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk melakukan harmonisasi raperda.

“Setelah itu kembali masuk lagi ke DPRD, maka akan kami rapatkan dengan OPD terkait dan disepakati bersama untuk dibawa ke Rapim guna mendapat agenda pengesahan,” jelasnya.

Dia menegaskan, Raperda yang sedang dibahas DPRD se-Indonesia terlebih dahulu harus melalui harmonisasi di Kemenkumham. Dan di sanalah sering terjadi kendala karena harus mengantri.

“Kendalanya terkadang antri karena tidak hanya Samarinda atau Bontang, tetapi semua kabupaten/kota dari seluruh Indonesia, ujungnya di Kemenkumham. Tetapi biasnya kami mengambil jalan lain dengan memanggil Kemenkumham ke sini untuk mempersingkat antrian,” papar politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Dengan adanya Kunker dari Bapemperda DPRD Bontang yang masih satu provinsi, dia berharap tali silaturahmi dapat terus terjaga baik serta saling mengingatkan untuk selalu menjaga hubungan baik dengan instansi yang menjadi mitra kerja Bapemperda.

“Harapan ada komunikasi yang terjalin dengan instansi yang terkait dengan Bapemperda,” tutupnya. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com