Petugas UKS Sekolah Dasar di Kukar Dibekali Bimbingan Teknis untuk Mewujudkan Anak Indonesia yang Sehat

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk para Petugas Unit Kesehatan Sekolah (UKS) tingkat Sekolah Dasar (SD), Senin (07/05/2024).

Kabid kurikulum pengembangan bahasa dan sastra, perijinan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, Joko Sampurno mengatakan, tujuan dari diadakannya Bimtek ini adalah untuk mewujudkan anak Indonesia yang sehat, kuat,cerdas serta berkarakter.

Untuk diketahui, tujuan dari Bimtek yang diselenggarakan Disdikbud kali ini nyatanya juga selaras dengan misi kedua Kukar Idaman yakini, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yg berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

Maka dari itu, petugas UKS sekolah yang rata-rata juga seorang guru menjadi sasaran dari Bimtek ini dengan harapan dapat langsung memberikan pendidikan kepada peserta didik akan kepedulian terhadap kesehatan diri sendiri maupun lingkungannya.

“Kita butuh keunggulan dari generasi-generasi penerus kita, khususnya di bidang kesehatan agar mereka menjadi anak yg sehat, kuat, cerdas serta berkarakter. Sehingga jika mereka sudah sehat maka mereka diharapkan dapat menjadi generasi unggul yang siap menghadapi dan bersaing di era yang akan datang,” ujar Joko.

Bimtek yang diikuti 46 peserta se-Kukar itu kemudian diisi dengan materi-materi yang dibawakan langsung oleh narasumber dari Balai Guru Penggerak Kaltim yang bekerjasama dengan pengurus UKS Kaltim.

Joko berharap dengan adanya Bimtek ini para petugas UKS yang hadir dapat menyerap ilmu sebanyak-banyaknya sebelum nanti dipraktekkan di sekolah masing-masing pada peserta didiknya agar mereka mampu menjadi generasi yang cerdas, kuat, dan sehat.

“Saya harap lara peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan nanti dapat menerapkan ilmunya di sekolah masing-masing, sehingga anak didiknya dapat menjadi anak-anak yang cerdas, kuat, dan sehat,” tutupnya. []

Redaksi08/adv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com