Tenggarong Seberang Gelar BBGRM ke-21 Serentak di 18 Desa

TENGGARONG – PELAKSANAAN Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tahun 2024 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) serentak dimulai di 193 desa dan 44 kelurahan selama satu bulan. Hal tersebut sesuai arahan Bupati Kukar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD).

Meski kegiatan BBGRM se-Kabupaten Kukar baru resmi dimulai pada Sabtu, 11 Mei 2023 mendatang di Kecamatan Kembang Janggut, namun Kecamatan Tenggarong Seberang telah memulainya pada Rabu (08/05/2024).

Pemerintah Kecamatan Tenggarong Seberang rupanya cepat merespon arahan Bupati Kukar melalui DPMD, dengan melakukan koordinasi dan melaksanakan kegiatan BBGRM serentak di seluruh desa se-Tenggarong Seberang.

Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono dan Kepala Seksi (Kasi) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Yahdinal ikut turun ke lapangan, memantau langsung kegiatan BBGRM. Salah satunya di Desa Manunggal Jaya. Kurang lebih 100 warga turun ke jalan untuk melakukan aksi gotong royong.

Tego memberikan apresiasinya setelah melihat semangat kerjasama dan kekompakan warga Desa dalam menjaga budaya gotong royong sebagai tradisi masyarakat Kukar. “Saya sangat apresiasi kebersamaan dan semangat gotong royong warga Tenggarong Seberang ini,” ujarnya.

 

Dia berharap Kegiatan BBGRM tersebut bukan sekedar seremoni atau karena arahan dari Bupati semata. “Tetapi gotong royong adalah budaya dan kearifan lokal. Kita wajib menumbuhkembangkan dan melestarikan budaya gotong royong sebagai budaya asli bangsa Indonesia, serta meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan,” paparnya.

Dengan adanya Kegiatan BBGRM ini, Tego juga berharap bisa meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan. Selain itu, terjalin kemitraan antara masyarakat dan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

“Serta meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil hasil pembangunan guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan bahagia sesuai visi misi Bupati Kutai Kartanegara,” pungkas Tego. []

Penulis: Achmad Al Miftah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com