Langkah Pemkab Bulungan dengan Pembentukan 26 Gugus Sekolah

BULUNGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Bulungan. Salah satunya, dengan membentuk 26 gugus sekolah di Bumi Tenguyun. Bupati Bulungan, Syarwani mengapresiasi terbentuknya 26 gugus sekolah di Bulungan. Ia menganggap bahwa inisiatif ini merupakan bagian dari inovasi pendidikan yang tidak ditemukan di seluruh wilayah di Indonesia.

Dalam hal ini, ia juga menekankan pentingnya membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbeda dan tidak gagap teknologi (gaptek) dalam era teknologi yang sedang berkembang pesat. Terlebih lagi, bagi para guru dan pengajar, mereka harus dapat melek teknologi.  “Pemda (Pemerintah Daerah, red) Bulungan telah mengadopsi kebijakan pembelajaran yang terus mengikuti perkembangan zaman, terutama dalam bidang teknologi pengajaran,” kata Syarwani.

Ia pun berharap dengan komitmen Merdeka Belajar akan lahir gagasan inovatif yang bisa menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh dunia pendidikan di Bulungan. Oleh karena itu, diharapkan para guru dapat menjadi kontributor solusi dalam dunia pendidikan. “Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah pusat sebagai inovasi pendidikan, memberikan harapan baru bagi dunia pendidikan di Bulungan,” ungkapnya, Sabtu (11/05/2024).

Dengan kebijakan ini diharapkan para guru terdorong untuk berinovasi dalam membangun metode pengajaran yang lebih baik. Dalam era digital, para guru harus bisa memanfaatkan berbagai macam platform online untuk meningkatkan kualitas pendidikan, demi mencapai tujuan pembelajaran yang efektif.

Inovasi dalam teknologi pembelajaran di Bulungan menjadi jembatan penting dalam peningkatan mutu pendidikan. “Teknologi dapat membantu siswa untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas serta bisa lebih berkembang dalam menjangkau khalayak lebih luas,” bebernya.

Untuk memastikan kesuksesan program inovatif yang diterapkan oleh pemerintah, terutama dalam pengaplikasian teknologi sebagai bagian integral dari sistem pendidikan, maka dibutuhkan kerja sama antar sekolah, guru, orang tua dan siswa dalam menyiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan di masa depan.

“Dalam menghadapi masa depan, pendidikan sangatlah penting karena akan menentukan kemajuan suatu bangsa. Pendekatan inovatif yang diterapkan oleh Pemerintah Daerah Bulungan dalam bidang pendidikan dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi siswa dan para pengajar untuk berkembang lebih baik,” ujarnya. Oleh karena itu, konsep Merdeka Belajar diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di Bulungan dan Indonesia pada umumnya. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com