Ketika Air Sungai Karang Mumus Berubah Jadi Kehijauan

SAMARINDA – AIR Sungai Karang Mumus (SKM) Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang biasanya berwarna kecoklatan, pada Selasa (14/05/2024) berubah menjadi berwarna hijau.

Fenomena air Sungai Karang Mumus (SKM) yang berubah warna ini menjadi viral di sosial media (Sosmed). Efeknya banyak masyarakat yang berdatangan ke sekitaran anak Sungai Mahakam itu.

Salah satunya di kawasan Jalan Tarmidi, Kecamatan Samarinda Kota, Kota Samarinda. Nampak di sana ada banyak warga yang menyaksikan fenomena perubahan warga ini. Tidak hanya sekadar menonton, sebagian warga juga memancing dengan target akan memperoleh ikan patin, karena sebelumnya juga viral ada yang memperoleh ikan itu.

Salah seorang warga, Hasyim menerangkan bahwa dari sepengetahuannya kondisi air SKM yang berubah warna ini sudah mulai terjadi sehari sebelumnya, atau pada Senin, 13 Mei 2024.

“Jadi warna hijau ini mulai kemarin,” ungkapnya kala berdiri di pinggiran sungai sembari menyaksikan kondisi sekitaran SKM.

Adapun terkait adanya ikan patin yang bermunculan di SKM ini, dirinya menyebutkan dengan istilah Air Bangai atau Air Bangar yang membuat ikan-ikan bermunculan.

“Ada banyak ikan patin timbulan, kadang-kadang ikan ini timbulnya musiman juga. Kali ini timbul di sekitar Tarmidi, Belibis dan sekitarnya,” ungkapnya

Ikan yang bermunculan ini, jelasnya tidak dapat dipancingi dengan pancingan yang biasa menggunakan kail dan umpan, sehingga para pemancing mengganti kail dengan jaring atau jala.

“Itu orang-orang yang mancing kailnya diganti pakai jaring atau jala, karna ikannya ini gak mau makan,” pungkasnya. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com