MTQ ke-54 Kotabaru Resmi Ditutup, Bupati Sayed Jafar Hadiahkan Bonus Umrah

KOTABARU – Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kabupaten Kotabaru ini dilaksanakan dari tanggal 11 sampai dengan (17/05/2024). Camat Pulau Laut Tanjung Selayar H Baharudin menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada pendukung terlaksananya MTQ Nasional ke-54 tingkat Kabupaten Kotabaru.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kotabaru Drs H Said Akhmad beserta anggota, Satuan kerja perangkat daerah (SKPD), pihak swasta, dan masyarakat yang mendukung lancarnya pelaksanaan MTQ Nasional ke-54 di Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar Alaydrus yang disampaikan oleh Sekda Kotabaru sekaligus Ketua Umum LPTQ Kotabaru Drs H Said Akhmad, mengucapkan rasa syukur, kebanggaan serta apresiasi atas kelancaran dan suksesnya pelaksanaan MTQ Nasional ke-54 tingkat Kabupaten Kotabaru Tahun 2024.

“Ini salah satu upaya memacu pengembangan tilawah, kemampuan anak didik, hapalan, serta pemahaman tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran,” tuturnya. Ia juga mengungkapkan bahwa pelaksanaan MTQ kali ini merupakan MTQ dengan jumlah kafilah terbanyak.

“Bupati berharap setelah penyelenggaraan kegiatan ini dapat menambah wawasan serta penghayatan dan cinta terhadap Al-Quran, sehingga menjadi nilai ibadah di mata Allah Subhanahu wa ta’ala,” imbuhnya.

Salah satu warga Kecamatan Tanjung Selayar Rusma, mengatakan sangat senang dengan dilaksanakannya MTQ ke-54 Tanjung Selayar, karena ada beberapa pedagang dari luar seperti pedagang dari Pagatan tanah bumbu yang ikut meramaikan.

“Jarang sekali kami menikmati event seperti ini, karena dengan adanya event ini kami bisa menikmati makanan dari pedagang luar yang menggelar dagangannya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kotabaru H Akhmad Kamal mengapresiasi masyarakat yang selalu memenuhi panggung utama MTQ di Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar.

“Kami mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada masyarakat kecamatan Tanjung Selayar yang setiap malam selalu memenuhi panggung utama. Semoga pelaksanaan kegiatan keagamaan seperti ini dapat mempererat tali silaturahmi,” katanya.

Pada ajang ini tilawah golongan dewasa Qori terbaik I diraih oleh Lukmanul Hakim dari Kecamatan Pulau Laut Utara, sedangkan Qari’ah terbaik I Mahayani dari Kecamatan Pulau Laut Timur.

Untuk golongan remaja Qari terbaik I Akhmad Nurdin Kecamatan Pulau Laut Utara dan Qari’ah terbaik I Julia Salsabila Kecamatan Pulau Laut Timur.

Golongan Qira’at Sab’ah terbaik I Alfian Maulana Kecamatan Pulau Laut Utara, dan Qari’ah terbaik I Rina Mulyana Kecamatan Pulau Laut Utara.

Golongan Tilawah Anak-anak Qori terbaik I Sayyid Syarif Rezky Fadillah Kecamatan Pamukan Barat dan Qoriah terbaik I Naifatul Insyirah Kecamatan Kelumpang Hulu.

Sedangkan untuk pawai ta’aruf terbaik I diraih Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Terbaik II Kecamatan Pulau Laut Utara, dan Terbaik III Pulau Laut Kepulauan.

Berikutnya, pemenang festival syair maulid utusan Kecamatan Pulau Laut Utara terbaik 1, terbaik 2 Pulau Laut Tengah, terbaik 3 Pamukan Utara, Kelumpang barat terbaik harapan I.

Untuk ranking kejuaraan daerah terbaik I diraih oleh Kecamatan Pulau Laut Utara, terbaik II Kecamatan Pulau Laut Sigam, dan terbaik III Kecamatan Pamukan Barat.

Adapun untuk pelaksanaan MTQ Nasional ke-55 Tingkat Kabupaten Kotabaru Tahun 2025 terpilih sebagai tuan rumah yaitu Kecamatan Pulau Sebuku,yang ditandai dengan penyerahan bendera LPTQ dan piala bergilir oleh Bupati Kotabaru kepada Camat Pulau Sebuku.

Di akhir acara Bupati Kotabaru H Sayed Jafar memberikan 10 bonus umrah melalui proses pengundian kepada pemenang MTQ dari golongan Qira’at Sab’ah, Syarhil Qur’an Putri, Hifzil Qur’an 1 juz Tilawah Putra, Khat Kontemporer Putra, Khat dekorasi putri dan 5 orang dewan hakim. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com