Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara Gelar Blukar Trail Adventure 2024

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) kembali menyelenggarakan kegiatan Blukar Trail Adventure yang akan berlangsung pada 8-9 Juni 2024. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Festival Olahraga Masyarakat yang rutin diadakan setiap tahun.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kukar mengungkapkan bahwa Blukar Trail Adventure 2024 akan dimulai pada pukul 08.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA) dari Kantor Bupati Kukar. Para peserta akan melintasi jalur Jonggon, Bukit Biru, daerah Jahab, dan hutan di sekitar Senoni, dengan garis finis di Desa Senoni pada sore hari.

Setibanya di Desa Senoni, peserta akan disambut dengan senam zumba dan acara ramah tamah dengan masyarakat setempat, yang dilengkapi dengan hiburan dan doorprize. Keesokan paginya, kegiatan akan dilanjutkan dengan acara beseprah, yaitu sarapan bersama antara masyarakat sekitar dan peserta, serta pembagian doorprize khusus peserta Blukar.

“Pada hari kedua, 9 Juni, kegiatan akan dilanjutkan dengan trail melalui jalur hutan di wilayah Senoni dan Selerong,” ujar Aji Ali Husni pada Kamis (06/06/2024). Kadispora Kukar, Aji Ali Husni, menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga upaya untuk mempromosikan wisata alam Kukar.

“Melalui jalur yang kita lalui, ada dua titik air terjun yang dapat menambah daya tarik perjalanan ini, sehingga bisa menjadi objek wisata baru dan olahraga sport tourism di Kukar,” ungkapnya. Kegiatan Blukar Trail Adventure ini terbuka untuk komunitas Blukar di Kukar dan komunitas sekitar seperti Berau, Kutim, Samarinda, Balikpapan, dan Paser, dengan target peserta sekitar 450 orang.

“Namun, biasanya pada hari H, ada penambahan peserta lagi,” tambahnya. Ia juga berharap agar para peserta dapat mempersiapkan diri dan menjaga stamina karena sebentar lagi kegiatan ini akan dilaksanakan. “Melihat rute kegiatan yang lumayan jauh, maka kesehatan dan kondisi fisik peserta sangat penting untuk dijaga. Hal itu untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan,” ucapnya.

“Ini juga sekaligus menjadi momen untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jadi UMKM lokal akan terdampak atas kegiatan kita. Harapan lainnya kegiatan ini dapat memperkenalkan alam Kukar sebagai daya tarik wisata dan olahraga, baik di tingkat provinsi maupun nasional,” tutupnya.

Blukar Trail Adventure 2024 diyakini akan menjadi momen yang tak terlupakan bagi para pecinta trail. Acara ini bukan hanya tentang menaklukkan medan yang menantang, tetapi juga tentang menikmati keindahan alam dan menjalin persahabatan dengan sesama rider. []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com