HSS 2024, Sunggono Ingatkan Bahaya Penyakit Hipertensi

TENGGARONG – SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono ikut serta dalam pemeriksaan kesehatan hipertensi yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar. Kegiatan yang digelar di lokasi Car Free Day (CFD), Tenggarong, Minggu (09/06/2024) pagi itu dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia tahun 2024.

Sunggono menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan acara puncak Hari Hipertensi Sedunia (HHS) yang diperingati secara nasional dan diselenggarakan serentak di sepuluh kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Ia menuturkan, kegiatan HHS kali ini dirancang untuk memecahkan Rekor Musium Rekor Indonesia (Muri) untuk pemeriksaan hipertensi terbanyak secara nasional. Provinsi Kaltim telah menargetkan pemeriksaan sebanyak 16.500 orang, sementara khusus di Kabupaten Kukar mendapat target sasaran pemeriksaan sebanyak 3.228 orang.

“Hal ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya memeriksakan tekanan darah, patuh mengonsumsi obat tekanan darah sehingga potensi hal-hal yang buruk seperti stroke dan komplikasi hipertensi lainnya dapat dihindari,” ungkap Sekda Sunggono.

 

Dia mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar juga mengucapkan selamat Hari Hipertensi Sedunia (HHS) yang jatuh pada tanggal 17 Mei lalu.

Sunggono juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar yang telah menyiapkan kegiatan tesebut dengan baik. Dia berharap kegiatan tersebut dapat secara penuh meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kesehatan, khususnya bahaya penyakit hipertensi dan pentingnya menjaga kesehatan jantung.

“Untuk seluruh masyarakat, mari jaga pola makan sehat, olahraga teratur, mengurangi kebiasaan merokok, dan selalu rutin cek kesehatan serta minum asupan vitamin yang cukup,” H Sunggono. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com