Lewat MGMP ke-4, Disdikbud Kukar Tingkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris

TENGGARONG – DINAS Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) ke-4 untuk guru tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Fatma Tenggarong, Minggu (09/06/2024) itu diikuti sekitar 200 orang guru SMP dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Kukar.

Kepala Bidang Kurikulum, Pengembangan Bahasa dan Sastra, Perizinan Pendidikan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Kukar Joko Sampurno, menyampaikan MGMP adalah forum musyawarah guru mata pelajaran, yang pada hari ini fokusnya adalah guru bahasa inggris. Di mana sebelumnya sudah melakukan MGMP untuk mapel IPA, Bimbingan Konseling (BK), dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

“Alhamdulillah, pada hari ini kami laksanakan MGMP yang keempat di tahun 2024, di mana sebelumnya sudah kami laksanakan untuk mapel IPA, TIK, dan BK. Pada hari ini, kegiatan MGMP difokuskan untuk guru bahasa inggris,” tutur Joko.

Joko menerangkan, MGMP terus dilakukan dengan tujuan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan guru. Khususnya materi pembelajaran, penyusunan bahan-bahan pembelajaran, strategi pembelajaran, serta metode pembelajaran.

Terlebih MGMP mampu menggambarkan misi program Kukar Idaman yaitu, meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

“Kegiatan MGMP sejalan dengan Program Bapak Bupati Kukar yakni Kukar Idaman,” beber Joko.

 

Joko mengharapkan kepada guru yang mengikuti kegiatan MGMP tersebut agar dapat meningkatkan kompetensi serta saling berdiskusi antar guru dalam penguasaan mapel Bahasa Inggris, saling mendukung menciptakan kegiatan pembelajaran dalam kelas yang lebih menarik, efektif dan efisien.

“Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 9-11 Juni 2024, dengan menghadirkan pemateri dari Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur,” tutup Joko.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com