Cabor Panahan Gelar Seleksi Atlet Popnas 2023

SAMARINDA – CABANG olahraga (Cabor) panahan menyeleksi para atlet panahan untuk bertarung di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023. Ajang Popnas 2023 rencananya akan diselenggarakan di dua provinsi, yaitu Sumatra Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung.

Pelaksanaan seleksi panahan itu sendiri berlokasi di GOR Sempaja Jl. Wahid Hasyim Sempaja Selatan Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Pelaksanaan seleksi dimulai dari tanggal 1 hingga 4 Maret 2023.

Peserta seleksi berasal dari delapan kabupaten/kota yaitu Samarinda, Balikpapan, Kutai Timur, Kutai Barat, Paser, Penajam Paser Utara, dan Berau. Setiap kabupaten dan kota hanya boleh mengirimkan empat atlet putera dan empat atlet putri. Peserta yang mengikuti seleksi ini adalah para pelajar dari kelas 1 dan 2 SMA.

Sebelum mengikuti seleksi, setiap kabupaten kota mengadakan seleksi dan penyaringan yang ketat agar mendapatkan perwakilan terbaik untuk dikirimkan ke seleksi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Seleksi di tingkat provinsi dilakukan untuk memilih 18 atlet. Terdiri dari sembilan atlet putra dan sembilan atlet putri.

Mereka akan ditempatkan di tiga divisi yang diperlombakan dalam Cabor Panahan ajang Popnas 2023. Yakni Divisi Standar Bow putra dan putri. Divisi Recurve putra dan putri serta Divisi Compound putra dan putri. Ditiap masing-masing divisi ini baik putra maupun putri, Kaltim akan mengirimkan tiga atletnya.

Dengan adanya penyeleksian ini Ketua Panitia Seleksi Risman berharap agar masing-masing atlet yang mengikuti seleksi dapat bertanding dengan penuh semangat dan menjunjung sportivitas. Ia juga mengingatkan adanya transparansi dalam pelaksanaan seleksi.

“Dengan adanya seleksi ini harapannya transparasi yang lebih baik lagi kedepannya dan juga pembinaan dari masing-masing pencab lebih bagus kedepannya,” tutup Risman. []

Penulis: Yulia Fatmawati Fauziah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com