DPRD Kaltim-DKI Jakarta Sharing Tugas Kedewanan

PARLEMENTARIA KALTIM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan anggota DPRD Daerah Khusus Istimewa (DKI) Jakarta melakukan tukar informasi dan pengalaman atau sharing berkaitan dengan isu-isu tentang kedewanan, terutama soal tugas dan fungsi yang dijalankan para wakil rakyat.

Kegiatan itu berlangsung di Kantor DPRD DKI Jakarta yang terletak di Jalan Kebon Sirih Nomor 18, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat. Para wakil rakyat dari DPRD Kaltim dari Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) menggelar kunjungan kerja (kunker), Kamis (30/03/2023).

Rombongan dipimpin langsung Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud, didampingi Wakil Ketua I Muhammad Samsun, Wakil Ketua II Seno Aji, serta Wakil Ketua III Sigit Wibowo. Mereka disambut baik oleh Anggota DPRD DKI Jakarta, Hasan Basri Umar dan Justin Adrian.

Dalam kesempatan tersebut, Seno Aji mengungkapkan, Banmus memiliki peran penting karena seluruh kegiatan DPRD dilaksanakan berdasarkan jadwal Banmus. Oleh sebab itu, komposisi anggota Banmus merupakan keterwakilan dari komisi dan fraksi.

“Dalam rapat Banmus, masing-masing anggota yang merupakan perwakilan dari komisi-komisi menyampaikan aspirasinya yang berkaitan dengan jadwal untuk disesuaikan dengan agenda kerja dewan,” ungkap Seno sapaan akrabnya.

Kepada awak media di Jakarta, Seno Aji memaparkan, Banmus secara prinsip memiliki wewenang dalam menetapkan agenda DPRD untuk satu tahun masa sidang. Namun ketentuan itu dapat direvisi apabila ada hal-hal penting yang perlu untuk diubah dan disesuaikan.

Berdasarkan masukan dan informasi yang didiskusikan bersama anggota DPRD DKI Jakarta, sebut Seno, hasil dari rapat Banmus tidak dapat diubah oleh forum rapat lain di DPRD. Agenda yang sudah ditetapkan dalam rapat Banmus hanya dapat diubah pada rapat Banmus itu sendiri. Hal ini didasarkan pada peraturan yang berlaku.

“Berbagai masukan dan informasi dari hasil diskusi dengan DPRD DKI Jakarta tentu akan menjadi bahan masukan bagi DPRD Kaltim dalam memperkuat tugas dan fungsi agar mencapai hasil yang lebih maksimal,” katanya. []

Penulis: Fajar Hidayat | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com