Mengusul Patungan Perbaikan Jalan di Kawasan Desa Tertinggal

PARLEMENTARIA DPRD KALTIM – Menanggapi permasalahan empat desa di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait rusaknya jalanan yang ada di empat desa di Kubar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Barat meminta agar perhatian anggaran untuk menangani jalan tersebut.

Veridiana Huraq Wang

“Ada empat desa mengirim surat ke kita, mereka termasuk desa tertinggal, yaitu desa Deraya, desa Tanjung Soke, desa Gerunggung dan desa Lemper,” ujar Veridiana Huraq Wang, Ketua Komisi III DPRD Kaltim saat ditemui usai memimpin RDP, Senin (03/04/2023).

Veridiana, sapaan wakil rakyat asal daerah pemilihan Kubar dan Kabupaten Makaham Ulu (Mahulu) ini berharap agar perusahaan yang ada di sekitar empat desa tersebut dapat bekerja sama untuk menyelesaikan permasalahan infrastruktur jalan di desa-desa tersebut. Menurut Veridiana, aktivitas operasional perusahaan banyak menggunakan akses jalan yang rusak tersebut.

“Jalan sepanjang  20 kilometer dikeluhkan warga setempat, karena mengalami rusak sedang hingga berat, menyulitkan masyarakat bepergian dan melakukan aktivitas ekonomi,” ungkap  Veridiana. Jalan yang rusak itu yang berada di kawasan desa desa tertinggal tersebut juga menghubungkan dengan akses jalan nasional di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Sementara anggaran yang diperlukan untuk peningkatan jalan di empat desa di Kecamatan Bongan tersebut adalah Rp187 miliar. Skema alokasi anggaran yang diusulkan adalah Rp50 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kubar dan Rp50 miliar bersumber dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Kaltim, serta Rp87 miliar yang diusulkan melalui APBN.

Selain Veridiana, hadir dalam RDP tersebut Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltim Syafruddin, serta sejumlah anggota Komisi III, yakni Amiruddin, Baba, Safuad, Bagus Susetyo, Ekti Emanuel, Sutomo Jabir, dan Mimi Meriami Br Pane.  Sementara dari Kubar, hadir kepala desa dan perangkat desa didampingi sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Kubar. []

Penulis: Yulia Fatmawati Fauziah | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com