Sekretaris DPRD Kaltim Norhayati Usman menghimbau para generasi muda untuk tidak melupakan sejarah lahirnya Kebangkitan Nasional. -Foto : Guntur-

Harkitnas 2023, Sekwan Himbau Generasi Muda Tidak Lupakan Sejarah

Sekretaris DPRD Kaltim Norhayati Usman menghimbau para generasi muda untuk tidak melupakan sejarah lahirnya Kebangkitan Nasional. -Foto : Guntur-

 

PARLEMENTARIA KALTIM – Sekretaris Dewan (Sekwan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Norhayati Usman menghimbau para generasi muda untuk tidak melupakan sejarah lahirnya Kebangkitan Nasional dan selalu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu disampaikan Norhayati Usman usai menghadiri upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023 dengan tema “Semangat Untuk Bangkit“ di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Senin (22/05/2023).

Untuk diketahui, Harkitnas muncul dari lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908 di Jakarta. Boedi Oetomo merupakan organisasi pergerakan rakyat pertama di Indonesia, yang kemudian tanggal berdirinya organisasi itu ditetapkan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1948, sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Boedi Oetomo didirikan oleh Dr. Soetomo dan para mahasiswa sekolah kedokteran STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen). Meski tak langsung terjun ke bidang politik, namun semangat dan pemikiran para anggota Boedi Oetomo menjadi pemicu perjuangan untuk melepaskan bangsa ini dari penjajahan.

“Untuk generasi muda, kita tidak boleh melupakan sejarah kebangkitan nasional dalam aplikasi hidup sehari-hari. Tetap semangat, bangkit di semua aspek profesi untuk kemajuan personal atau kemajuan bangsa dan negara,” ujar mantan Kepala Dinas Sosial Kaltim ini.

Norhayati pun memberikan contoh penerapan kebangkitan nasional di kehidupan sehari-hari. Khususnya terkait dengan profesi dan tugasnya sebagai Sekretaris DPRD. Dengan terus semangat dalam menjembatani dua lembaga, yakni DPRD Kaltim dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim.

“Sudah tugas saya sebagai Sekwan untuk menjembatani dan memfasilitasi anggota DPRD Kaltim dengan Pemprov Kaltim. Semoga saya bisa terus bangkit dan semangat dalam menjalankan tugas, sesuai jiwa kebangkitan nasional kita,” tutupnya. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

About Guntur Riyadi

Check Also

Makmur Marbun: Pemkab PPU Buka Peluang Investasi Seluas-luasnya

JAKARTA – BADAN Bank Tanah menggelar Investor Gathering Product Expose Area City Center yang dihadiri …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com