Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang menyerahkan Piala Bergilir pada pembukaan MTQ ke-VIII yang berlangsung di pelataran Islamic Center Kota Tarakan, Senin (19/6/2023).

Gubernur Buka MTQ ke VIII Kaltara

Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang menyerahkan Piala Bergilir pada pembukaan MTQ ke-VIII yang berlangsung di pelataran Islamic Center Kota Tarakan, Senin (19/6/2023).

 

KALTARA, TARAKAN – MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) ke VIII Tingkat Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) Tahun 2023 resmi dibuka Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum. Seremonial pembukaan berlangsung di pelataran Islamic Center Kota Tarakan, Senin (19/6/2023).

Rangkaian MTQ yang berlangsung mulai tanggal 18 hingga 23 Juni 2023 itu, mengangkat tema “Wujudkan Generasi Qurani menuju Kalimantan Utara yang Maju dan Sejahtera”.

Seremonial pembukaan dimulai dengan defile dari lima kafilah yang berasal dari kabupaten dan kota se-Kaltara. Total ada 419 orang yang terdiri dari peserta dan official berasal dari kabupaten dan kota se-Kaltara, serta 60 orang dewan hakim.

“Atas nama Pemprov Kaltara, maupun pribadi saya mengapresiasi dan selalu memberikan dukungan agar terlaksananya MTQ yang tiap tahun kita gelar,” kata Gubernur.

MTQ lanjut Gubernur, telah menjadi kegiatan tahunan di Indonesia. Di mana agenda tersebut merupakan festival pemuliaan kitab suci umat islam yang digelar dari tingkat kelurahan hingga nasional.

“Melalui kegiatan ini saya berharap, dapat mewujudkan generasi qurani yang pandai membaca, mempelajari, memahami dan mengamalkan alquran dalam kehidupan sehari-hari,”imbuhnya.

Kepada seluruh peserta, Gubernur berharap dapat memelihara kekompakan dan sportifitas selama mengikuti perlombaan. “Tidak kalah penting, saya berpesan kepada kita semua untuk selalu menjaga kesehatan agar peserta dapat mengikuti rangkaian perlombaan dengan baik,”jelasnya. Dengan begitu, maka akan membawa hasil yang terbaik.

“Karena menang atau kalah bukanlah tujuan utama kita. Yang menjadi tujuan utama kita adalah setelah perlombaan ini seluruh peserta dapat menjadi contoh dan teladan, baik bagi keluarga maupun masyarakat untuk menyebarkan ajaran-ajaran kebaikan agama islam,”jelasnya.

Sebab, Alquran merupakan petunjuk dan pedoman hidup yang actual sepanjang masa serta berisi nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia. “Semoga kegiatan musabaqah tilawatil qur’an ini dapat terus konsiten kita laksanakan secara berkelanjutan agar manfaat yang dirasakan juga tidak terputus,” tuntasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kaltara H. Saifi Jamri dalam sambutannya, mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi menyukseskan MTQ di Bumi Paguntaka.

“Atas nama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Utara, saya mengucapkan terima kasih kepada gubernur dan jajaran yang telah mendukung MTQ. Begitu juga kepala daerah, panitia, dewan hakim dan semua pihak yang turut terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini,” ucap Saifi.

Dikatakannya, MTQ kali ini juga sebagai persiapan untuk menghadapi STQ yang akan dilaksanakan di Jambi pada tahun ini dan MTQ tingkat nasional tahun 2024 di Kalimantan Timur. Itu sebabnya, lomba pada MTQ kali ini lebih banyak dari pada STQ.

Ia berharap MTQ ke-VIII berjalan lancar, dan memberikan kebaikan kepada masyarakat Kalimantan Utara. “Utamanya menghidupkan Alquran dalam kehidupan,” pungkasnya. []

Penyunting : Agus P Sarjono / Sumber : Diskominfo Kaltara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com