Ketua Fraksi PPP DPRD Kaltim Rusman Ya’qub

Fraksi PPP Berharap Pj Gubernur Ditunjuk yang Mengerti Kaltim

PARLEMENTARIA KALTIM – FRAKSI Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berharap Penanggung Jawab (Pj) Sementara Gubernur Kaltim yang akan ditunjuk nanti memahami atmosfer masyarakat Kaltim.

Demikian disampaikan Ketua Fraksi PPP DPRD Kaltim Rusman Ya’qub saat ditemui awak media di lantai 1 gedung E komplek perkantoran DPRD Kaltim jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda, Jumat (21/07/2023).

“Kalau fraksi saya, PPP, cenderung kepada orang yang mengerti Kaltim. Tidak hanya sekedar mengerti administrasi pemerintahan, tapi dia juga mengerti atmosfer masyarakat Kaltim,” ujar pria kelahiran Barru 11 juni 1969 ini.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Samarinda ini mengakui, hingga kini belum ada pembahasan lanjutan dari DPRD Kaltim terkait calon Pj yang akan diusulkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Padahal wacana siapa figur yang akan diajukan sempat dibahas pada rapat Pimpinan bulan Juni kemarin.

Saat itu ada empat nama yang diusulkan, yakni Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik, Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Rektor Universitas Mulawarman Abdunnur, dan ada yang mengusulkan Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni.

“Sampai hari ini secara lembaga DPRD Kaltim itu belum ada keputusan. Kalau pembicaraan awal ada ketika Rapat Pimpinan di akhir bulan Juni lalu. Itu kita masih sebatas menginfentarisir nama, ada empat yang muncul pada saat itu, yakni Akmal Malik, Kamaruddin Amin, Abdunnur dan Sri Wahyuni. Tapi waktu itu kita sepakat ada pembahasan lanjutan, cuma sampai hari ini belum ada pembahasan lanjutannya,” kata Rusman, sapaan akrabnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa belum ada surat dari Pimpinan DPRD Kaltim kepada Fraksi PPP untuk meminta pandangan terkait calon Pj Gubernur Kaltim. “Sampai hari ini belum ada permintaan dari pimpinan, mekanismenya biasanya ada surat dari pimpinan meminta masukan dari fraksi-fraksi. Jadi kita hanya menunggu saja,” pungkas Rusman. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com