Dinsos Kaltim Gandeng Lima Panti Gelar Pameran

SAMARINDA – ADA jamu gratis yang dibagikan Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada ajang Kaltim Expo 2023 di Convention Hall GOR Kadrie Oening Jalan Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda, Selasa (22/8/2023).

Dalam ajang pameran kali ini, Dinsos Kaltim menggandeng lima Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di bawah naungan Dinsos Kaltim. Kelima UPTD tersebut adalah UPTD Panti Sosial Karya Wanita (PSKW), Panti Sosial Tresna Werdha Nirwana Puri (PSTWNP), Panti Sosial Bina Remaja (PSBR), Panti Sosial Asuhan Anak Harapan (PSAAH), dan Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma (PSPAD).

Dalam kesempatan tersebut, pekerja PSKW membagikan jamu segar dan hangat gratis kepada pengunjung Kaltim Expo. Ada pula beberapa kerajinan dan makanan maupun minumamn yang dipamerkan dan dijual di stand Dinsos tersebut.

Perawat PSKW, Julianti mengatakan yang tersedia di stand Dinsos merupakan hasil olahan dari masing-masing klien dari panti jompo.

“Kalau ini dari klien ada telur asin, kentang, es lumut olahan saya, dan jamu dari ibu panti yang bekerja di panti, ada kripik, kacang dan rabuk dari UPTD lain. Penjualan hanya saat acara-acara saja,” kata Julianti sambil menunjuk hasil olahan masing-masing UPTD.

Dari berbagai macam latar belakang yang ada di UPTD Panti, pada kesempatan yang berbahagia ini merupakan bentuk kemajuan klien-klien untuk mandiri.

“Semoga bisa mandiri apabila klien yang bermasalah bisa menerima dengan lapang dada. Kami dari Dinsos bisa merubah hidup lebih maju tujuan kami memandirikan klien,” harap Perawat PSKW.

Kelima UPTD tersebut diberikan pembiayaan seratus persen dari pemerintah. Dengan memfasilitasi tiga asrama masing-masing asrama terdiri dari enam kamar. Terdapat klinik kesehatan dan tempat rehabilitasi dan ada ruang tata boga serta menjahit pendidikan untuk sementara ini yang disediakan. []

Penulis: Hernanda | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com