Bapemperda DPRD se-Kaltim Gelar Rakor di Surabaya

PARLEMENTARIA KALTIM – BADAN Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Bapemperda DPRD kabupaten/kota se-Provinsi Kaltim.

Rakor yang dilaksanakan di Sheraton Surabaya Hotel and Towers, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (5/9/2023) itu bertemakan “Optimalisasi Program Pembentukan Peraturan Daerah Di Tahun Politik 2024”. Dua narasumber hadir dalam rakor tersebut, yakni Direktur Produk Hukum Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI) Makmur Marbun dan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kaltim Galeh Akbar Tanjung.

Kepada beritaborneo.com, Ketua Bapemperda DPRD Kaltim Rusman Ya’qub menjelaskan, Rakor Bapemperda se-Kaltim tersebut dilaksanakan untuk mengingatkan kembali tugas dan fungsi DPRD, khususnya di tahun politik ini. Dia berharap ada saran tentang kebijakan yang bisa diambil untuk kepentingan Kaltim.

“Kita coba koordinasikan, bagaimana mengefektifkan sisa waktu di tahun politik, supaya tetap terselesaikan Raperda yang harus diselesaikan dalam program pembentukan peraturan daerah, khususnya Raperda mandatori. Kita meminta masukan kabupaten/kota terkait dengan kepentingan yang perlu diatur bersama untuk kepentingan Kaltim ke depan,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan Samarinda ini.

Anggota dewan dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini melanjutkan, Rakor Bapemperda DPRD Kaltim dirangkai dengan acara pemberian penghargaan. Di mana hal itu merupakan sesuatu yang baru dilakukan oleh DPRD Kaltim. Sehingga akan dijadikan role model nasional.

“Kita juga melakukan Bapemperda Award yakni pemberian penghargaan kepada pimpinan Pansus yang tepat waktu, anggota Pansus yang teraktif didalam Pansus dan staf ahli paling terbaik. Penghargaan ini bahkan mendapat apresiasi dari Direktur Produk Hukum Daerah Kementerian Dalam Negeri RI dan akan dijadikan sebagai percontohan nasional,” ujar Rusman, sapaan akrabnya. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com