DPK Kaltim Gelar Anugerah Pemenang Peningkatan Literasi dan Lomba Pustakawan Kaltim

SAMARINDA – DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar penganugerahan pemenang Peningkatan Literasi dan pemenang Lomba Pustakawan Tingkat Provinsi Kaltim. Ada tujuh anugerah yang diberikan DPK Kaltim kepada para pemenang lomba dalam acara yang dilaksanakan di Gedung Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada, Samarinda, Selasa (19/9/2023) itu.

Kepala DPK Kaltim HM Syafranuddin yang diwakili Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Membaca (P3KM) Fauzi mengatakan, tujuan dari pelaksanaan lomba kepustakawanan dan peningkatan literasi masyarakat ini adalah untuk memotivasi peningkatakan kinerja perpustakaan sekolah dan perpustakaan desa/kelurahan di Kaltim.

“Selain itu juga untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca siswa dan kecintaan terhadap karya budaya bangsa, khususnya terhadap bahan pustaka dan perpustakaan,” jelas Fauzi.

Dia mengungkapkan, penilaian lomba telah dilakukan sejak 1 Juni 2023 lalu sampai dengan 11 September 2023. Dalam kegiatan lomba tersebut selain diadakan lomba perpustakaan dari tingkat SD, SMP dan SMA serta perpustakaan umum desa/kelurahan, juga diadakan lomba bertutur, penulisan resensi buku dan konten kreator Tik Tok yang bertemakan perpustakaan.

Pemenang terbaik 1, 2 dan 3 lomba selain mendapatkan penghargaan berupa piagam dan tropi serta uang pembinaan, juga sebagai bentuk apresiasi akan diikut sertakan dalam kegiatan Wisata Literasi dan Studi Tour Implementasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial ke Perpustakaan Nasional RI di Jakarta dan Perpustakaan Kelurahan Cisarua di Kota Sukabumi, Jawa Barat. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com