Kepala DSPM Kota Samarinda saat memberikan arahan dalam acara Bimbingan Sosial PMKS, Tuna Sosial serta Pelayanan Data dan Pengaduan di Kota Samarinda Tahun 2023.

DSPM Samarinda Gelar Bimbingan Sosial untuk PMKS

SAMARINDA – GUNA mendorong peningkatan ekonomi dan kesejahteraan para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (DSPM) Kota Samarinda menggelar kegiatan bimbingan sosial.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Hotel Grand Sawit Samarinda, Selasa (26/9/2023) itu ditujukan kepada para PMKS, tuna sosial sekaligus pelayanan data dan pengaduan tahun 2023.

Kepala DSPM Kota Samarinda Drs. Isfihani, MM saat membuka kegiatan tersebut melontarkan semangat kepada para peserta bimbingan sosial untuk tidak berkecil hati dan berputus asa. Karena menurutnya, jika mau berusaha maka pasti akan ada masa depan yang lebih baik.

“Saya lihat wajah-wajah saudara sekalian ini adalah wajah-wajah pengusaha sukses, karena itu DSPM Kota Samarinda melaksanakan kegiatan bimbingan sosial ini,” ujarnya.

Isfihani kemudian menjelaskan, dalam menjalankan program kegiatan bimbingan sosial bagi PMKS ini, DSPM melibatkan unsur-unsur terkait untuk berperan serta. Seperti Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Samarinda dan BAZ Provinsi Kalimanatan Timur.

“Di mana lembaga BAZ ini mempunyai fungsi menghimpun dana dari masyarakat melalui kewajiban menunaikan zakat untuk disalurkan kepada yang membutuhkan,” katanya.

Dia juga mengungkapkan selain kegiatan bimbingan sosial, para PMKS juga diberikan bantuan permodalan dan pendampingan usaha. Mulai dari membantu membuat tempat usaha berupa rombong atau gerobak untuk berjualan, pelatihan keterampilan berusaha hingga teknik pemasaran dengan menggunakan teknologi media sosial yang saat ini tengah trend di kalangan masyarakat.

“Tujuan dari bimbingan sosial ini nantinya diharapkan penyandang PMKS dapat menjadi pengusaha yang sukses dalam berusaha serta dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya,” tutup Isfani menjelaskan. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com