APBD Kaltim TA 2024 Disahkan Rp20,67 triliun

PARLEMENTARIA KALTIM – ANGGARAN Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun Anggaran (TA) 2024 telah disahkan. Penanda- tanganan APBD 2024 itu dilakukan oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Penanda-tanganan tersebut dilakukan dalam Rapat Paripurna ke-36 DPRD Kaltim yang dilaksanakan di Gedung Utama Kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda, Senin (25/09/2023) malam.

Kepada awak media usai memimpin rapat paripurna, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan, pengesahan APBD TA 2024 sebesar Rp20,67 triliun itu dilakukan setelah melalui pembahasan dengan tahapan yang cukup panjang.

“DPRD Kaltim menyetujui, sepakat untuk APBD 2024 dengan komposisi Rp20,67 triliun. Ini angka yang cukup fantastis. Dibandingakan dengan provinsi lain, bahkan tertinggi di luar Pulau Jawa,” ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) ini.

Dia juga mengungkapkan, nilai Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang masih lebih tinggi dibandingkan dana transfer, menunjukan kemandirian ekonomi Kaltim. Sehingga tidak lagi tergantung sepenuhnya dengan Dana Bagi Hasil (DBH) minyak bumi dan gas (migas) dari pemerintah pusat.

“Artinya, sudah mulai ada hasil transformasi ekonomi yang telah kita lakukan. Ini terlihat dari cerminan PAD yang lebih tinggi dibandingkan DBH,” jelas Muhammad Samsun lagi.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Kutai Kartanegara (Kukar) ini melanjutkan, pihaknya berharap dengan disahkannya APBD 2024, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim konsisten dalam menggunakan APBD sesuai dengan kesepakatan saat penyusunan bersama DPRD Kaltim dan segera menyerap anggaran agar cepat dinikmati pembangunannya oleh masyarakat.

“Tentunya kita ingin Pemprov konsisten dengan perencanaan, apa yang sudah kita sepakati dan konsisten dalam pelaksanaan APBD. Dalam artian bukan hanya tepat tapi harus lebih cepat, sehingga anggaran yang kita belanjakan bisa segera dinikmati masyarakat,” kata Samsun, sapaan akrabnya.

Untuk diketahui Rapat Paripurna ke-36 Masa Sidang III tahun 2023 DPRD Kaltim dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun didampingi Seno Aji, Sigit Wibowo dan Sekretaris Dewan Norhayati Usman. Sementara dari Pemprov Kaltim hadir Gubernur Kaltim Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, serta Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sri Wahyuni. []

Penulis : Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com