Bupati Kukar Lantik Yuyun Porwanti Sebagai Kades Bangun Rejo

KUTAI KARTANEGARA – BUPATI Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melantik dan mengambil sumpah jabatan Yuyun Porwanti sebagai Kepala Desa (Kades) Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar. Prosesi pelantikan yang berlangsung secara khidmat itu dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Bangun Rejo, Kamis (21/09/2023) beberapa waktu lalu.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan, penandatanganan berita acara dan penandatanganan fakta integritas oleh Kepala Desa Yuyun Porwanti di depan Bupati Kukar. Turut hadir di antaranya Wakil Ketua II DPRD Kukar Didik Agung Eko Wahono, Kepala Dinas (Kadis) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kukar Rinda Desianti, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kukar Arianto, Camat Tenggarong Seberang Tego Yuwono, para Ketua Rukun Tetangga (RT) yang ada di Desa Bangun Rejo, serta masyarakat Desa Bangun Rejo.

Dalam sambutannya, Bupati Edi Damansyah mengatakan, rangkaian proses pemilihan kepala desa Pengganti Antar Waktu (PAW) Bangun Rejo berlangsung dengan baik. Edi juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat.

“Saya sampaikan terima kasih, bahwa perjalanannya berjalan dengan baik, tidak ada hal-hal yang tidak kita inginkan secara bersama-sama, tiada hal-hal yang bisa mengganggu keamanan atau ketertiban,” tuturnya.

Bupati berharap, masyarakat Bangun Rejo tidak apatis dengan kegiatan demokrasi tingkat desa. Di mana menurutnya, sikap kepedulian warga Desa Bangun Rejo sudah tumbuh dan berkembang dengan baik.

Di tempat yang sama, kepala desa yang baru terpilih Yuyun Porwanti mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi seluruh teman, kerabat, sahabat dan tim pendukungnya. Dia berharap kerja sama dan dukungan semua pihak selama dirinya melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepala desa.

“Saya akan bekerja sama dengan tim, pemerintahan desa dan masyarakat untuk membangun Desa Bangun Rejo lebih baik lagi. Melakukannya dengan transparan, bersikap jujur dan mengedepankan kerja sama. Mengingat padatnya Desa Bangun Rejo dengan beraneka ragam etnik maka silaturahmi harus lebih kita majukan lagi,” ucapnya.

Sementara Ketua Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) Edy Susilo menjelaskan, kegiatan pemilihan Kepala Desa Bangun Rejo dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2023 secara musyawarah dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, lembaga desa dan Ketua RT se-Desa Bangun Rejo.

Sebanyak 34 RT telah mengirimkan masing-masing delegasi tokoh masyarakat dalam pemilihan dengan total 167 suara. “Di awal yang mengikuti pemilihan ada lima calon, kemudian sesuai dengan Pergub 36 tahun 2019 (Peraturan Gubernur Nomor 36 Tahun 2019, red) untuk PAW menjadi tiga calon” ujarnya.

Setelah terpilih dan dilantik, Edi Susilo berharap Yuyun Porwanti dapat memimpin di sisa masa waktu jabatan Kades Bangun Rejo sebelumnya yakni Suprapto selama 2,3 tahun ke depan. “Menjalankan visi misi yang telah dirancang oleh Beliau dengan lancar, sukses dan amanah,” tutupnya. []

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com