Serawan Wujud Syukur di Hari Jadi Desa Selerong

KUTAI KARTANEGARA – Serawen menjadi wujud syukur masyarakat Desa Selerong, Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Selerong Badrun pada kegiatan menyemarakkan hari Desa Selerong ke-105 tahun, Kegiatan berlangsung di halaman kantor dan lapangan futsal Desa Selerong, pada Minggu (15/10/23) siang.

Acara adat Sarawenan dibuka langsung oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, Fuji Utomo dan didampingi Kepala Desa Selerong, Badrun.

Kepala Desa Selerong, Badrun mengatakan, Serawenan merupakan ungkapan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas nikmat, serta karuniaNya yang telah diberikan, maupun dirasakan oleh masyarakat Desa Selerong dan sekitarnya.

“Kegiatan ini untuk mengingat kembali sejarah berdirinya Desa Selerong dan menggenang para tokoh-tokoh yang telah berjasa untuk Desa Selerong,” ujar Badrun.

Acara Serawenan merupakan partisipasi masyarakat Desa Selerong, untuk saling berbagi dengan warga desa sekitarnya, yaitu berupa aneka ragam masakan atau makanan maupun kuliner khas Desa Selerong.

“Dalam Serawenan ini masyarakat Desa Selerong menyediakan berbagai aneka ragam makanan untuk disajikan kepada warga yang datang dilokasi kegiatan,” ucapnya.

Badrun juga menyebut, selain acara Serawenan juga dirangkai upacara adat yang dilaksanakan di Desa Selerong yaitu, pelas benua tepung tawar menjamu kampong, dengan makna dan harapan agar Desa Selerong terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Serawenan ini maknanya berbagi. Pelas benua itu adalah syukuran lahirnya Kampong atau Desa, sedangkan tepung tawar dimaknai sebagai doa, dan menjamu kampong yaitu menyediakan makanan untuk warga,” ungkapnya.

Badrun juga berharap ke depannya, kegiatan seperti ini akan terus ditingkatkan lagi serta menjadi agenda rutin di setiap tahun, sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat Desa Selerong dan sekitarnya.

“Harapannya kegiatan ini bisa ditingkatkan dan lebih meriah lagi, kita buat inovasi-inovasi baru, sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat di sekitar Desa Selerong ini,” pungkasnya.

Tak hanya itu, pada rangkaian acara hari jadi Desa Selerong ke-105 ini juga, akan digelar berbagai kegiatan di antaranya, pentas seni budaya, lomba olahraga tradisional dan kegiatan lainnya, dalam rangka memeriahkan perayaan tersebut.

Penulis: Tusiman | Penyunting: Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com