Duta Bahasa Kaltimtara Kunjungi DPK Kaltim

SAMARINDA – DUTA Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimtara) melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Jalan Ir. H. Juanda Nomor 4, Samarinda, Selasa (24/10/2023).

Dengan didampingi Ketua Ikatan Duta Bahasa Kaltimtara Ana Maria, rombongan disambut Kepala Bidang Layanan, Otomasi dan Kerjasama DPK Kaltim, Hj. E. Mustika Wati, MM.

Dalam kesempatan itu, Ana Maria menyampaikan apresiasinya kepada DPK Kaltim atas pelayanan dan fasilitas yang baik yang ada pada Perpustakaan Umum Provinsi Kaltim.

“Semua fasilitas di perpustakaan (Kaltim) menunjang apa yang masyarakat butuhkan, baik dari koleksi buku, pengadaan perangkat elektronik di Ruang Otomasi untuk pengunjung yang melakukan aktivitas bekerja dan bagi (pelajar dan mahasiswa) yang mengerjakan tugas di perpustakaan,” ujar Ana.

Dia berharap, masyarakat dapat kembali meningkatkan perhatiannya terhadap perpustakaan. Karena di sanalah salah satu tempat untuk dapat dengan mudah mengakses informasi yang lengkap dan nyaman dengan segala fasilitas yang disediakan.

“Perpustakaan dapat menjadi opsi bagi masyarakat Kalimantan Timur, khususnya Samarinda, untuk bisa membaca maupun mengerjakan tugas dengan semua layanan dan fasilitas yang ada dan dapat dipergunakan secara gratis,” lanjut Ana.

Dia sendiri mengaku sangat senang apabila kerjasama antara DPK Kaltim dan komunitas pegiat literasi, edukasi dan anak muda seperti Duta Bahasa Kaltimtara dalam upaya meningkatkan kesadaran literasi dapat terus terbina, terutama literasi bahasa.

Sebab dalam era globalisasi ini, pengetahuan tentang bahasa sangat penting untuk dikuasai yang juga dapat dipelajari dan diperdalam dengan melalui membaca buku.

Apalagi saat ini DPK Kaltim memiliki koleksi 5000 judul buku bahasa yang dapat menjadi referensi bagi masyarakat untuk mempelajari berbagai bahasa daerah maupun bahasa asing.

Untuk diketahui, Duta Bahasa Kaltimtara dipilih melalui seleksi yang diadakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Kaltim. Di mana Malam Penganugerahan Duta Bahasa Kaltimtara 2023 dilaksanakan di Atrium Samarinda Squere Jalan M Yamin, Samarinda tanggal 11 Mei 2023 lalu.

Pemilihan Duta Bahasa dilaksanakan dengan misi untuk melahirkan generasi muda Pancasila yang mampu memantik peran dan memantapkan fungsi bahasa Indonesia guna memperkuat jati diri dan daya saing bangsa.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk Duta Bahasa yang tidak hanya memiliki kemahiran berbahasa Indonesia yang baik dan benar, tetapi juga memiliki kepedulian dalam melestarikan bahasa daerah dan menguasai bahasa asing. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com