Kukar Tuan Rumah Pesoda I Kaltim untuk Anak Berkebutuhan Khusus

KUTAI KARTANEGARA – KABUPATEN Kutai Kartanegara menjadi tuan rumah Pekan Spesial Olahraga Daerah (Pesoda) se-Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Ajang olahraga untuk anak berkebutuhan khusus tersebut diikuti 10 kabupaten/kota se-Kaltim, mulai tanggal 25 hingga 27 Oktober 2023. Ada tujuh cabang oleh raga yang dipertandingkan dalam Pesoda I ini. Diantaranya atletik, renang, bocce, boccia, bulutangkis, sepak bola dan tari daerah.

Even yang baru pertama kalinya digelar di Kaltim ini secara resmi dibuka oleh Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kukar Zukran, di halaman Kantor Bupati Kukar Jalan Wolter Mongonsidi, Tenggarong, Rabu (26/10/2023).

Hadir dalam pembukaan Pesoda Kukar diantaranya Ketua Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (SOIna), Ketua SOIna Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Ketua/Manajer SOIna dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kaltim, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kukar dan tamu undangan lainnya.

Zukran membacakan sambutan Bupati Kukar mengatakan, Pekan Spesial Olahraga Daerah I Kabupaten Kutai Kartanegara Tahun 2023 adalah wadah berhimpun untuk berkompetisi atlet Special Paralympic. Event olahraga untuk atlet berkebutuhan khusus ini mempertandingkan tujuh cabang olahraga.

Pesoda kata dia, dilaksanakan dalam upaya pembinaan dan pengembangan untuk mencapai prestasi yang optimal sebagai pemasok olahragawan regional, nasional dan internasional, yang berfungsi untuk melaksanakan pembibitan dan pembinaan prestasi olahraga spesial secara terencana, terarah dan berkesinambungan.

“Pekan Spesial Olahraga Daerah I di Kabupaten Kukar Tahun 2023 ini diharapkan menjadi wahana pembinaan atlet spesial olahraga untuk ajang kompetisi dan evaluasi pembinaan spesial olahraga terpadu dan terarah,” ucapnya.

Pesoda juga sebagai ajang penjaringan atlet Special Olympic Indonesia (SoIna) yang ada di Kabupaten Kukar yang dilaksanakan setiap tahun guna persiapan ke tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

“Semoga event ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, dapat menjadi wahana bagi para atlet, untuk menunjukkan bakat dan kemampuannya di bidang olahraga. Untuk itu, Pemda Kukar akan terus berkomitmen dalam memajukan olahraga, serta memberikan apresiasi bagi mereka yang berprestasi, tanpa adanya diskriminasi,” tambahnya.

Melalui event Pesoda ini lanjut Zukran, pihaknya menaruh harapan untuk kemajuan olahraga di Kukar. “Kepada seluruh atlet dan kontingen pesoda, saya ucapkan selamat bertanding,” ujarnya.

 

“Tunjukkan kemampuan terbaik, semangat juang yang tinggi, serta junjung tinggi sportivitas dan keselamatan bersama. Nantinya kegiatan juga akan dilakukan pengawasan secara terukur dan juga dievaluasi oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga melalui bidang peningkatan prestasi olahraga, sebagai bahan rekomendasi pelaksanaan kegiatan,” imbau dia. []

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com