Semua Bakal Capres-Cawapres Lolos Tes Kesehatan

JAKARTA – KETUA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menyampaikan hasil tes kesehatan tiga pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden (capres – cawapres) dinyatakan layak ikut Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Ketiga pasangan capres-cawapres itu, Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo – Mahfud MD dan Prabowo Subianto – Gribran Rakabuming dinyatakan lolos tes kesehatan menyeluruh di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

“Disimpulkan dari hasil pemeriksaan oleh tim pemeriksa, ketiga pasangan calon ini mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. (Mereka) juga dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba,” kata Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers di Gedung KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (27/10/2023).

Namun Hasyim tidak mengungkapkan kondisi kesehatan masing-masing peserta secara mendetail.

Hasil pemeriksaan kesehatan itu diserahkan langsung oleh Kepala RSPAD Letjen TNI Albertus Budi Sulistya kepada Hasyim Asy’ari. Proses serah terima juga disaksikan oleh perwakilan dari koalisi pengusung masing-masing pasangan calon.

Budi Sulistya menyampaikan bahwa setiap bakal calon tidak mengalami kendala selama proses pemeriksaan kesehatan menyeluruh. Kata dia, proses pemeriksaan dilakukan sejak pukul 07.00 hingga selesai pada sore hari.

“Secara garis besar masing-masing memiliki hasil pemeriksaan kesehatan yang tidak ada kendala berkaitan dengan kesehatannya, baik kesehatan jasmani maupun rohani. Dan tidak didapatkan penyalahgunaan narkoba pada semua calon,” kata dia.

Sebelumnya Budi Sulistya mengatakan, pihaknya mengikuti regulasi dan ketentuan yang telah digariskan KPU RI untuk mengecek kesehatan para bakal capres-cawapres.

Adapun, regulasi dan parameter tes kesehatan menyeluruh itu diatur KPU RI lewat Surat Keputusan KPU RI Nomor 1387 Tahun 2023. RSPAD Gatot Subroto mengeklaim akan mengerahkan kolegium spesialis untuk memastikan kualitas pemeriksaan kesehatan para bakal capres-cawapres tersebut.

“Pada prinsipnya kami akan menyelenggarakan pemeriksaan dengan prinsip profesionalisme, imparsialitas independensi, dan juga dipercaya. Tiga hal yang kami tekankan dalam hal ini,” ujar Budi kepada wartawan, Rabu (18/10/2023).

“Tools-nya ada beberapa, kaitannya juga melibatkan kolegium dalam hal ini supaya betul-betul pemeriksaan ini profesional, independen, dan dipercaya,” kata dia.

Sebelumnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menjadi pasangan pertama yang melakukan pemeriksaan kesehatan di RSPAD pada Sabtu, 21 Oktober 2023. Disusul Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang diperiksa Ahad, 22 Oktober 2023. Terakhir, tim RSPAD memeriksa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Meskipun para peserta Pilpres 2024 sudah dinyatakan memenuhi syarat kesehatan, KPU masih akan melangsungkan proses verifikasi dokumen administrasi ketiganya. Hasil akhir proses tersebut akan ditetapkan pada 13 November 2023. Setelah itu, KPU bakal mengundi nomor urut ketiga pasangan calon pada 14 November 2023. []

Penulis | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com