Legislator Kaltim Ini Ingatkan Peran Kunci Pemuda Dalam Pemilu 2024

PARLEMENTARIA KALTIM – PEMUDA dalam menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 14 Februari 2024 mendatang menurut pandangan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ismail, harus memiliki karakter yang kuat karena akan berperan kunci untuk melahirkan Pemilu yang berkualitas.

“Pemuda harus berperan aktif dalam melahirkan pemilu yang berkualitas,” ungkap Ismail ketika diminta pandangannya terkait peran pemuda menyambut Hari Sumpah Pemuda tahun ini, di Gedung DPRD Kaltim Jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda, Sabtu (28/10/2023).

Dia juga meminta para generasi pemuda dalam pemilu 2024 tidak hanya menjadi pemilih pasif. Melainkan juga aktif dalam ikut mengawal pemilu agar berjalan lancar, aman dan adil serta berkualitas.

“Pemilu ini kan adalah sarana untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat agar bisa membawa bangsa ini lebih maju ke depannya. Karena itu pemuda harus ikut tampil menjadi agen perubahan. Salah satunya dengan melawan politik uang agar pemimpin dan wakil rakyat yang terpilih benar-benar berdasarkan pilihan rakyat,” paparnya.

Politisi dari Partai Nasdem ini menyebutkan bahwa saat ini, politik uang menjadi isu yang sangat krusial dalam pemilu 2024 mendatang. Oleh karena itu, pemuda harus tampil sebagai garda terdepan yang melawan gerakan politik uang tersebut.

“Pemuda jangan hanya menjadi pemilih saja, namun juga harus aktif. Seperti membuat gerakan anti politik uang. Dan masyarakat harus tereduksi,” ujarnya.

“Mereka perlu mengedukasi masyarakat tentang politik yang benar dan mengajak mereka untuk ikut serta aktif dalam sosialisasi pemahaman yang benar mengenai pemilu,” sambung Ismail.

Ismail juga menekankan pentingnya pemuda dalam mensosialisasikan gagasan bahwa pemilu adalah sarana untuk memperbaiki bangsa. Hanya melalui pemilu yang berkualitas, bangsa ini dapat melahirkan pemimpin yang berkualitas pula. Pemuda diharapkan mampu memberikan contoh nyata dalam mendukung proses demokrasi yang lebih sehat dan berintegritas.

“Pemuda adalah aset berharga bagi bangsa, dan peran mereka dalam pemilu 2024 sangat penting. Pemuda adalah agen perubahan yang membawa Indonesia menuju pemilu yang lebih berkualitas dan pemimpin yang lebih berkualitas,” katanya lagi. []

Penulis : Guntur Riyadi SP | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com