Dilepas Menuju POMNAS, Menarget Banyak Emas

DISPORA KALTIM – Ajang adu prestasi bergengsi bagi para atlet mahasiswa di seluruh Indonesia sebentar lagi bakal digelar di Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan pada tanggal 12 hingga 22 November 2023 ini. Ajang dua tahunan yang diberi nama Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional atau POMNAS, pada tahun ini adalah gelaran yang ke-18 sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 1990 di Yogyakarta.

Mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tentu turut ambil bagian dalam POMNAS ke-18 tersebut. Sebanyak 143 orang dari unsur ofisial, pelatih dan atlet dilepas untuk mengikuti POMNAS di Kota Seribu Sungai. Ada 130 atlet yang akan berlaga di 16 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di ajang POMNAS ke-18, mereka ditarget harus pulang bawa emas.

Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Hari Kesuma adalah yang melepas keberangkatan para kontingen POMNAS ke-18 ini. Acara pelepasan digelar di aula Kantor Dispora Kaltim, Jalan Kiai Haji Wahid Hasyim, Komplek Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Senin (30/10/2023) pagi tadi.

Dalam kesempatan tersebut, pejabat eselon IIa yang namanya sering disingkat AHK ini berharap agar para atlet yang diberangkatkan dapat meraih prestasi lebih baik dibanding yang dihasilkan pada gelaran POMNAS sebelumnya, di Sumatera Barat, di mana kontingen asal Kaltim hanya mampu duduk di posisi ke-24 dalam perolehan medali.

Namun demikian, AHK menyebut bahwa POMNAS bukan semata jadi ajang berlaga berebut medali, tetapi juga harus dijadikan ajang untuk menjunjung tinggi nilai sportivitas, mempererat tali persaudaraan dan memperkuat solidaritas. Dalam setiap pertandingan, ada nilai sportivitas, kebersamaan, dan kerja sama yang menjadi kunci keberhasilan.

AHK mengingatkan, Kaltim memiliki potensi yang besar dan ajang POMNAS adalah kesempatan emas untuk membuktikan kemampuan yang dimiliki. Untuk itu, ia meminta agar para atlet harus memiliki mental tangguh dalam bertanding, kemudian tekad kuat untuk mewakili Kaltim agar memperoleh prestasi terbaik. “Buktikan Kaltim memiliki atlet-atlet hebat yang siap bersaing tak hanya tingkat nasional tapi juga internasional,” katanya.

Dijelaskan Kepala Dispora Kaltim, POMNAS memiliki beberapa tujuan, yakni untuk memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, persahabatan antar mahasiswa se-Indonesia, memupuk dan meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara berlandaskan Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bineka Tunggal Ika.

Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan minat dan bakat olahraga mahasiswa, meningkatkan kebugaran jasmani, disiplin, dan sportivitas. Kemudian meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga, membantu pemerintah dalam peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional dan internasional. POMNAS juga menjadi wahana mendidik karakter mahasiswa, menumbuhkembangkan solidaritas, nasionalisme dan cinta tanah air.

Di POMNAS mendatang, ada 16 cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yakni atletik, bulu tangkis, karate, puncak silat, renang, bola basket, bola pantai, futsal, sepak takraw, tenis lapangan, panjat tebing, taekwondo, kempo, gulat, bridge, dan catur.

Dalam seremoni pelepasan kontingen POMNAS tersebut, hadir juga Profesor Mohamad Bahzar selaku Ketua Badan Pembinaan Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Kaltim. Guru besar ilmu sosiologi Universitas Mulawarman ini juga akan turut serta ke Banjarmasin, mendampingi para atlet meraih prestasi. Tampak juga di acara itu Rektor Universitas Mulawarman Abdunnur.

Dalam sambutan BAPOMI, Mohamad Bahzar berpesan kepada seluruh para atlet untuk menanamkan semangat juang yang tinggi, walaupun menurutnya, pandangan boleh saja kalah, namun semangat jangan sampai kalah, tanamkan dalam diri, semua nilai-nilai itu. Diungkapkannya, atlet-atlet Kaltim sudah melakukan persiapan selama enam bulan. Mereka juga mendapat pembinaan dan pelatihan di masing-masing cabor. “Alhamdulillah, mereka sudah siap berkompetisi di POMNAS. Kami berharap mereka bisa memberikan yang terbaik untuk Kaltim,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Abdunnur mengatakan, POMNAS merupakan ajang prestasi bagi mahasiswa. Ia berharap atlet-atlet Kaltim bisa meraih emas sebagai target utama. Menurutnya, kontingen Kaltim akan berhadapan dengan lawan-lawan kuat dari berbagai daerah. Ia menyebut atlet mahasiswa asal Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Tengah dan dari Nusa Tenggara Barat merupakan pesaing utama.

Abdunnur juga mengapresiasi program olahraga yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ia mengatakan bahwa program ini memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk berprestasi di bidang olahraga. “Program olahraga ini sangat bagus untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Selain akademik, mereka juga harus aktif di olahraga. Kami bangga semua kampus di Kaltim ikut andil dalam program ini,” ujarnya. []

Reporter: Rangga Satria | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com