Camat Tenggarong Resmikan Event Kampung Kuliner di Kelurahan Baru

KUTAI KARTANEGARA – CAMAT Tenggarong Sukono memberikan apresiasi dan meresmikan kegiatan Kampung Kuliner di Gang 7 Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Senin (06/11/23).

Kegiatan kampung kuliner tradisional ini dimulai oleh para pemuda dari Gang 7 RT 6 Kelurahan Baru. Diharapkan kegiatan yang telah dilaksanakan selama empat tahun berturut-turut ini dapat dilanjutkan agar menu kuliner tradisional Kutai tidak hilang seiring dengan pesat perkembangan saat ini.

Selain untuk mempertahankan kuliner tradisional, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan motivasi masa depan guna meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Apalagi ada IKN (Ibu Kota Nusantara), wajib hukumnya untuk kami untuk bisa mempertahankan. Ya salah satunya mempertahankan kuliner tradisional khas Kutai dan kegiatan ini ada daya ungkit ekonominya,” ucapnya.

Kegiatan acara direncanakan berlangsung selama lima hari hingga 11 November 2023 mendatang yang juga didukung oleh Dinas Pariwisata Kukar dan beberapa sponsor dari swasta. Selain itu, untuk memeriahkan kegiatan ini, warga dan pengunjung juga dihibur oleh berbagai seniman dari daerah dan luar Kukar.

“Peristiwa ini hanya terjadi di satu gang, namun gaung dan dampak yang ditimbulkannya bergema di berbagai wilayah. Tak mungkin, gang identik dengan tempat yang kecil dan sempit. Namun, apa yang dicapai warga yang tergabung dalam komunitas G7 sungguh luar biasa,” papar Sukono

Sukono juga mengatakan, pihak kecamatan siap mendukung, mempromosikan dan mengenalkan kegiatan kampung kuliner tradisional ini ke depannya.

“Kalau bisa, ada dibuat setiap pekan, misalnya di hari Jumat. Selain mendapatkan berkah maka kegiatan ini akan semakin dikenal seperti didaerah lain. Sehingga dapat mendatangkan wisatawan dan meningkatkan perekonomian,” tutupnya. []

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com