Semarak Lomba-lomba Perayaan HUT DWP Ke-24 di Kaltim

DISPORA KALTIM – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-24 di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) makin semarak dengan digelarnya lomba tumpeng mini dan lomba keserasian tata rias wajah dan seragam DWP. Lomba-lomba yang digelar adalah serangkaian kegiatan peringatan hari jadi DWP yang dilaksanakan sejak Selasa (07/11/2023) lalu.

Di hari pertama, kegiatan difokuskan untuk bakti sosial donor darah dan penyaluran paket bantuan bagi para lansia di panti jompo. Hari kedua, Rabu (08/11/2023) kemarin, giliran senam bersama dan lomba-lomba yang dilaksanakan. Pagi harinya, senam bersama dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim yang berada di Kompleks Gelanggang Olahraga Kadrie Oening, Jalan Kiai Haji Wahid Hasyim, Sempaja, Samarinda.

Senam pagi bersama dimulai dari pukul 06.00 dan berakhir pada pukul 08.00 waktu setempat. Suasana senam begitu ramai, diikuti sekitar seratus orang lebih anggota DWP Kaltim. Mereka tampak antusias mengikuti gerakan senam sesuai irama dan arahan instruktur, dari pemanasan, inti, hingga pendinginan. Di akhir senam, para peserta diajak berpose bersama dan diminta meneriakkan yel-yel “DWP Kaltim, luar biasa.”

Usai senam bersama, kegiatan HUT DWP Kaltim dilanjutkan dengan lomba tumpeng mini dan lomba keserasian tata rias wajah dan seragam DWP yang digelar di Aula Kantor Dispora Kaltim. Suasana akrab dan canda tawa tampak mewarnai perlombaan. Acara dimulai dengan pendaftaran para peserta dengan membawa bendera DWP di masing-masing instansi.

Setelah pendaftaran, para peserta lalu bersiap mengikuti lomba menyajikan tumpeng mini dan lomba tata rias wajah.  Menurut Ketua Panitia Kegiatan Suhelni Syirajuddin, lomba tumpeng mini diikuti sebanyak 32 peserta dan partisipan lomba tata rias wajah dan seragam DWP sebanyak 29 peserta. “Lomba tumpeng mini sebanyak 32 peserta, dan lomba tata rias wajah dan menggunakan pakaian resmi Dharma Wanita sebanyak 29 peserta,” ujar Suhelni Syirajuddin saat diwawancara di sela-sela acara lomba.

Menurutnya, peserta lomba semuanya merupakan anggota Dharma Wanita, ketua hanya memberikan support, seperti menyelenggarakan pelatihan dan memberikan dukungan pendanaan. “Yang mengikuti harus dari anggota Dharma Wanita, yang diharuskan anggotanya, ketua untuk Dharma Wanita men-support,” terang Suhelni Syirajuddin.

 

Meskipun digelar untuk kalangan internal Dharma Wanita, namun sponsor bukan saja berasal dari lingkungan DWP Kaltim, sponsor dan juri lomba bahkan didatangkan dari luar DWP. Sponsor dari luar itu di antaranya adalah Kimia Farma, Tupperware, dan Wardah. Pihak Wardah bahkan ikut turut ambil bagian dalam lomba, yakni sebagai juri lomba keserasian tata rias wajah dan seragam DWP.

Secara terpisah, Ketua DWP Kaltim Indri Indah Winarni Riza didampingi  Ketua DWP Dispora Kaltim Surlailinda Agus Hari Kesuma menjelaskan, kegiatan ini bukan sekedar ajang untuk berlomba, namun acara ini mengajarkan tentang bagaimana setiap anggotanya dapat mengimplementasikan latihan-latihan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

“Lomba tumpeng mini dan lomba tata merias wajah serta keserasian berpakaian Dharma Wanita. Lomba ini terkait dengan apa yang telah kami berikan terhadap anggota Dharma Wanita, tentang pelatihan cara membuat garnis untuk tumpeng mini, pelatihan merias wajah. Apa yang kami berikan dapat diimplementasikan ke dalam lomba ini, jadi tidak sia-sia dalam rangka meningkatkan keterampilan anggota Dharma Wanita,” papar Indri Indah Winarni Riza.

Di akhir lomba, diumumkan para juaranya. Untuk lomba tumpeng mini, kelompok ibu-ibu yang tergabung dari DWP Dinas Kehutanan Kaltim meraih juara 1. Tempat kedua dipegang DWP Dinas Sosial (Dinsos) Kaltim, disusul DWP Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kaltim. Juara harapan, Dinas Komunikasi dan Informatika Kaltim menempati posisi pertama, di posisi kedua DWP Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan di posisi terakhir DWP Politeknik Pertanian Negeri Samarinda.

Dalam Lomba Keserasian Tata Rias Wajah dan Seragam DWP, juaranya adalah DPW Dispora Kaltim, disusul DWP Dinsos Kaltim. Juara ketiga dipegang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kaltim. Juara harapan, yang pertama ditempati DWP Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim, disusul DWP Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Kaltim, lalu DWP Institut Teknologi Kalimantan. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com